1. Memeriksa kondisi jarum pelampung
- Lepas tutup karburator
- Keluarkan jarum pelampung dan periksa keausannya. Jika keausan besar, jarum pelampung serta dudukannya harus diganti baru
- Periksa ketidakrapatan jarum pelampung
- Jarum pelampung yangaus harus diganti
2. Memeriksa kondisi pelampung
Ada 2 macam pelampung :
- Pelampung yang bagian dalamnya berongga ( misalnya : plat, plastik halus )
- Pelampung yang tidak berongga
Untuk memeriksa nomor 1dengan jalan mengocak-ocak atau bersihkan dahulu pelampung, kemudian masukkan ke dalam air panas. Jika pada pelampung terdapat gelembung-gelembung, berarti pelampung bocor.
3. Penyetalan pelampung pada posisi paling tinggi
- Pasang kembali kelengkapan sisstem pelampung
- Pasang tutup karburator pada ragum ( posisi tutup vertikal dan poros pelampung di atas )
- Ukur celah antara ujung badan pelampung dengan permukaan tutup karburator. Ukuran yang diperbolehkan lihat buku data
- Bila ukurannya tidak benar, stel dengan membengkokkan bagian tengah lidah pelampung. Gunakan 2 buah tang untuk mencegah pelampung retak. Jangan memegang/menahan pada badan pelampung !
4. Penyetelan pelampung pada posisi paling rendah
- Pasang tutup karburator pada ragum ( posisi tutup vertikal dan poros pelampung di bawah )
- Ukur jarak paling jauh pelampung dengan permukaan tutup karburator. Ukuran yang diperbolehkan lihat buku data
- Bila ukurannnya tidak benar, stel dengan membengkokkan kedua bagian tepi lidah pelampung. Gunakan 2 tang untuk membengkokkan
- Pasang jarak kembali tutup karburator. Perhatikan keddudukan paking !
Hal- hal yang peerlu diperhatikan :
- Ada juga rumah pelampung yang dilengkapi dengan kaca pengintai, untuk melihat tinggi permukaan bensin dalam ruang pelampung
- Kontrol tekanan pemompaan. Jika tekanan pemompaan salah, maka sekallipun penyetelan pelampung benar, akan mempengaruhi tinggi permukaan bensin dalam ruang pelampung
- Apabila tidak ada data, pasang tutup karburator pada ragum dan stel pelampung sehingga posisinya paling atas lurus dengan permukaan paking tutup karbuartor. Posisi paling bawah, jarak langkah jarum pelampung minimal 1 mm
- Pelampung tidak boleh tenggelam pada dasar ruang pelampung
- Pada karburator mobil-mobil Europa,posisi pelampung paling atas kadang-kadang harus distel dengan memakai bermacam-macam tebal ring paking pada rumah jarum pelampung. ( tidak ada lidah penyetel pada pelampunng )