Sistem Pelampung pada kendaraan

Sistem Pelampung pada kendaraan

Kegunaan : Mengatur batas permukaan bensin dalam ruang pelampung agar relatif tetap ( kostan )

Cara kerja sistem pelampung

Tinggi permukaan bensin sesuai
· Pelampung naik Jarum pelampung membuka 
Katup jarum pelampung menyumbat saluran bensin
· Bensin tertahan pada ruang pelampung salurannya ( tidak mengalir )

Gangguan pada permukaan pelampung
1) Terlalu tinggi.

a) kesalahan kecil : Campuran pada sistem utama menjadi lebih kaya

b) Kesalahan besar : Bensin langsung mengalir pada nosel menyebabkan “banjir”


2) Terlalu rendah


a) Kesalahan kecil : Campuran pada sistem utama jadi lebih kurus

b) Kesalahan besar : Bensin tidak terisap pada sistem utama mesin akan mati

Catatan : Perbedaan tinggi permukaan bensin terhadap tinggi nosel umummnya 5 – 10 mm

Sistem Pelampung pada kendaraan

Sistem Pompa Bensin Mekanis

Sistem Pompa Bensin Mekanis

Kegunaan :
· Memindahkan bensin dari tempat rendah ( tanki ) ketempat yang tinggi ( karburator )
· Mengatur tekanan bensin agar tetap konstan

a

Cara Kerja Pompa Bensin Mekanis

  • Langkah Isap
 clip_image002
· Poros eksentris melepas tuas pompa
· Membran tertekan oleh pegas, bukan oleh tuas pompa
· Katup tekan membuka, bensin tertekan ke karburator

Catatan : Kekuatan pegas tekan menentukan pemompaan.

  • Langkah pengatur hasil pemompaan
image
·
Hasil pemompaan harus diatur sesuai dengan pemakaian untuk mencegah banjir pada karburator
· Jika katup pelampung tetutup, membran akan diam pada posisi terendah karena tekanan pemompaan tidak mampu membuka katup pelampung ---> tidak terjadi pemompaan bensin
· Tuas pengerak bergerak bebas dalam celah batang penarik

Gangguan – gangguan pada pompa bensin

1) Kebocoran :
· Membran pecah / robek / rusak.
· Tutup pompa pakingnya rusak atau bengkok
2) Vakum ( pengisapan ) kurang :
· Katup tekan tidak rapat
· Ruang isap bocor ( misal = tutup pompa bengkok )
3) Tekanaan pemompaan kurang :
· Katup isap bocor
· Katup pengembali bocor ( bila ada katup pengembali )
4) Tekanaan pemompaan terlalu tinggi :
· Tebal paking flens pompa kurang / isolator tak terpasang
5) Hasil pemompaan kurang :
· Pompa tersumbat
· Keausaan / kerusakan pada penggerak pompa
· Katup – katup bocor

Sistem Pompa Bensin Mekanis

Otomotif Sistem Dasar Karburator 2

Otomotif Sistem Dasar Karburator 2
Bagian karburator dan tugasnya Katup gas ( Throtle valve )Bertugas mengatur jumlah campuran yang masuk pada motor.
Ruang pencampur, Venturi, Pipa pengabut / Nozle Mencampur bensin dan udara sehingga terjadi pengabutan yang halus
Sistem idle , Sistem utama , Sistem pelampung , Sistem percepatan , Sistem pengaya , Sistem cuk
Bertugas membentuk perbadingan campuran yang sesuai sehingga membentuk daya motor tinggi dan pemakaian bahan bakar irit

Jenis karburator berdasarkan arah arus
  • Karburator arus turun ---> Digunakan pada kebanyakan mobil
image
  • Karburator arus naik ---> Dipakai pada mobil – mobil tua
image
  • Karburator arus mendatar ---> Digunakan pada kebanyakan sepeda motor
image

Jenis – jenis Venturi pada karburator

  • Venturi tetap
a) Satu venturi b) Satu venturi dengan venturi – venturi sekunder
a
Kecepatan udara pada venturi tergantung besarnya aliran udara
Venturi – venturi sekunder dapat memperbaiki kualitas pengabutan ( homogenitas campuran )

  • Venturi variabel
image
Celah torak sebagai ruang venturi Gerak turun naik torak diatur secara automatis agar kecepatan udara pada celah torak konstan

Jumlah ruang pencampur pada karburator

  • Satu ruang pencampur ---> Untuk motor kecil / sederhana
                  image
  • Dua ruang pencampur ---> Untuk kebanyakan motor mobil
                    image
  • Empat ruang pencampur ---> Digunakan untuk motor bersilinder 6,8 ddan 12



image
Otomotif Sistem Dasar Karburator 2

Otomotif Sistem Bahan Bakar Bensin

Otomotif Sistem Bahan Bakar Bensin

Fungsi : Mengalirkan bensin dari tangki ke motor ----->Agar motor dapat hidup dan mengasilkan tenaga Membentuk campuran bahan bakar/udara serta mengatur jumlah campuran yang diisap motor ------> Agar campuran bensin + udara sesuai kebutuhan ( misalkan : untuk idle, beban rendah, beban penuh, dsb ).
 a   

Bagian-bagian utama Sistem pengaliran bahan bakar :
a
Fungsi bagian-bagian utama :
  1. Pompa untuk mengalirkan bensin dari tangki ke karburator
  1. Saringan bensin untuk menyaring kotoran agar yaang masuk ke karburator bersih .
  1. Katup pembatas tekanan untuk mencegah timbulnya tekanan yang berlebihan akibat kerja pompa dan tercukupinya jumlah bensin di karburator.>
Persyaratan sistem pembentukan campuran :
Perbandingan campuran bensin/udara harus sesuai dengan keperluan motor
Campuran bensin/udara harus sehomogen mungkin
Jumlah campuran yang diisap motor harus dapat diatur

Sistem Bahan Bakar Bensin