Bak Oli (Oil Pan)

Bak Oli (Oil Pan)


Bagian bawah dari pada blok silinder disebut juga bak engkol (crank-case). Bak oli (oil pan) dibaut pada bak engkol dengan diberi packing seal atau gasket.  Bak oli dibuat dari baja yang dicetak dan dilengkapi dengan penyekat (separator) untuk menjaga agar permukaan oli tetap rata ketika kendaraan pada posisi miring.


Selain itu juga dirancang sedemikian rupa agar oli mesin tidak berpindah (berubah posisi permukaan) pada saat kendaraan berhenti secara tiba-tiba, dan menjamin bekerjanya pompa oli dan tidak akan berkurangnya oli pada setiap saat. Penyumbat oli (drain plug) letaknya dibagian bawah bak oli dan fungsinya mengeluarkan oli mesin bekas.


Oil Pan

Gasket Kepala Silinder

Gasket Kepala Silinder (Cylinder Head Gasket)


Gasket kepala silinder (cylinder head gasket) letaknya antara blok silinder dan kepala silinder, fungsinya untuk mencegah kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli. Gasket Kepala silinder harus tahan panas dan tekanandalam setiap perubahan temperatur.


Umumnya gasket dibuat dari carbon clad steel (gabungan carbon dengan lempengan baja) karbon itu sendiri melekat dengan graphite, dan kedua-duanya berfungsi untuk mencegah kebocoran yang ditimbulkan antara blok silinder dan kepala silinder, serta menambah kemampuan melekat pada gasket.


Cylinder Head Gasket


Cylinder Head Gasket