Sampai saat ini, bodi kendaraan masih didominasi oleh komponen berasal dari plat besi dengan ketebalan 0,6 sampai 0,9 mm. Perkembangan bodi melalui teknologi komponen bodi dengan bahan plastik dan fiber belum bisa sepopuler plat, namun demikian beberapa komponen bodi yang memiliki komponen utama plat, kadang juga memiliki komponen plastik, fiber bahkan serat karbon. Konstruksi dari bodi kendaraan dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:
1) Konstruksi Luar
Bagian ini merupakan tempat menempelnya berbagai macam panel dan dapat diumpamakan sebagai kulit dalam tubuh kita. Bagian ini terdiri dari beberapa panel-panel yang disatukan dengan beberapa jenis sambungan dan dapat terlihat secara langsung dari luar, misalnya bumper, engine hood, pintu-pintu, sunroof, roof head lining, fender, kaca, boot lid/ deck lid, lampulampu radiator grill, dan lain sebagainya.
1. Roof panel 6. Front bumper bar 11. Offside rear door
2. Engine hood 7. Headlamps 12. Offside center pilar
3. Cowl & dash panel 8. Side lamps 13. Offside rear wing
4. Offside front wing 9. Sill panel 14. Rear bumper bar
5. Radiator grill 10. Offside front door 15. Deck lid
2) Konstruksi Dalam
Bagian ini terdiri dari komponen-komponen yang ada didalam bodi kendaraan, penguat-penguat dan panel-panel yang digunakan untuk menguatkan bodi kendaraan.
Keterangan gambar:
1. Unit lantai bodi 7. Cowl samping 12. Bodi tengah belakang
2. Rangka bodi samping 8. Bodi dudukan engsel 13. Dudukan kaca belakang
3. Dudukan kaca depan 9. Roof panel 14. Bagian akhir bodi
4. Cowl & dash panel 10. Penyangga roof 15. Dudukan radiator
5. Unit rumah roda depan 11. Bagian belakang bodi 16. Dash panel
3) Lantai (Under Body)
Lantai biasanya terdiri dari beberapa komponen kecil yang dilas secara bersama-sama menjadi satu unit lantai. Semua panel-panel lantai memiliki penguat pada bagian bawah. Bentuk dari lantai tidaklah rata, disesuaikan dengan tujuan masing-masing, untuk tempat roda, sebagai ruang kompenen kendaraan, tempat kaki penumpang, tempat dudukan komponen bodi yang lain, aspek aerodinamis, aspek estetika, aspek ergonomi dan lain sebagainya. Pada tipe komposit biasanya rata dan terpisah dengan chassis, sedangkan pada tipe integral menyatu dengan chassis dan biasanya tidak rata.
4) Engine Hood
Engine hood merupakan bagian bodi kendaraan yang menutupi komponen mesin. Secara umum ada 2 tipe pemasangan hinged, yaitu Rear hinged (Front Opening Type) dan Front Hinged (Rear Opening Type). Pengoperasian kunci dilakukan dengan menggunakan kabel yang dapat dioperasikan dari kursi pengemudi. Pada jenis kendaraan tertentu, saluran washer terpasang pada hood ini.
Kendaraan yang menggunakan hood atau (penutup mesin) biasanya berjenis sedan dan beberapa kendaraan penumpang (seperti Toyota Kijang, Daihatsu Taruna, Mitsubishi Kuda dan lainnya). Hood ini dipasang ke bodi utama menggunakan hood hinge.