Oil circulates in the engine to lubricate these parts and keep them from wearing out. When the engine is off, this oil settles to the lowest spot in the engine (the oil pan). An oil pan stick or dipstick was installed an the engine by manufacturer to allow you to check the level of the oil. Oil is usually sold in one-quart plastic containers. To open, set it on a flat surface, grasp it near the neck and twist the cap off. If you hold the container with one hand as you twist the cap with the other hand pressure will force oil out the spout as soon as the cap removed.
Muffler
Muffler
Gas bekas (exhaust gas) dikeluarkan dari mesin dengan tekanan yang tinggi (kira-kira 3-5 kg/cm) dan temperaturnya sekitar 600-800 derajat. Besarnya panas kira-kira 34 persen dari energi panas yang dihasilkan oleh mesin.
Bila gas bekas dengan panas dan tekanan yang tinggi seperti ini langsung ditekan keudara luar, maka gas tersebut akan mengembang dengan cepat sekali, menyebabkan timbulnya suara ledakan keras. Muffler digunakan untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Gas bekas dikurangi tekanannya dan didinginkan saat melalui muffler.
Gemesnya Peugeot 108 City Car Terbaru
Follow Us On Google+
How to repair a Burned Fuse Connector
The main purpose of the electrical fuse is to protect the circuitry from damage within short lead times. A fuse is designed to break the tension in terms of stopping the flow of electrical overload or short circuit. Each vehicle has several fuses are required to obtain circuits. An electrical circuit will always fail on the highest point of resistance. Most of the time in question is the fuse box. If the power circuit, power-window system (for example) the first thing you should check is the fuse.
Mobilio Belum Akan Mampu Geser Avanza dan Xenia
Foto Terkait
Lamborghini Veneno Roadster, Mobil Termahal di Dunia
TEMPO.CO , Jakarta - Pengamat otomotif, Suhari Sargo, memperkirakan Honda Mobilio tak akan sanggup menggoyang dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Honda Mobilio dinilai hanya mungkin menduduki posisi ketiga atau keempat penjualan terbanyak mobil segmen low MPV (kendaraan multiguna).
“Avanza dan Xenia sudah jauh lebih dulu menyebar, jaringan pemasarannya kuat. Jadi sulit kalau menyaingi keduanya,” katanya ketika dihubungi Sabtu malam 25 januari 2014. (Baca juga : Mobilio Ditargetkan Laku 80 Ribu Unit )
Namun, ia memastikan bahwa Honda tidak bisa dipandang sebelah mata karena juga memiliki reputasi baik dan kelas konsumen tersendiri. Menurut Suhari, langkah Honda untuk melakukan penetrasi ke segmen MPV sebenarnya sudah terbaca saat mereka memproduksi Honda Freed. “Dulu Honda terkenal karena mengembangkan sedan dan city car. Tapi ketika Freed diluncurkan, sebenarnya mereka sudah mengarah ke Low MPV dan baru sekarang terealisasi,” katanya.
Agen pemegang merek Honda di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi melepas produksi pertama Honda Mobilio dalam seremoni yang diadakan di pabrik baru PT HPM di Karawang, Jawa Barat, Rabu, 15 Januari 2014. President Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida, mengatakan peresmian pabrik kedua di Karawang ini menandai dimulainya produksi dan pemasaran Honda Mobilio secara resmi di Indonesia. (Baca juga : Beli Honda Mobilio, Dapat Paket Perawatan)
"Honda Mobilio akan menjadi produk istimewa bagi Honda di Indonesia karena secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia dengan harga yang terjangkau," kata Tomoki saat acara peresmian pabrik baru PT HPM di Karawang.
Honda Mobilio merupakan mobil low MPV pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Model ini juga sepenuhnya dirakit di Indonesia dan mempunyai kandungan lokal hingga mencapai 86 persen. Menurut Tomoko, sebagai model yang dirancang untuk Indonesia, Honda Mobilio dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi jalan di Indonesia, dengan harga terjangkau namun tetap mempertahankan standar kualitas tinggi Honda.
Honda Mobilio pertama kali diperkenalkan di Indonesia melalui ajang World Premiere di Indonesia International Motor Show di Jakarta, 20 September 2013. Ajang tersebut juga menandai dibukanya pemesanan Honda Mobilio di Indonesia. Setelah acara pelepasan produksi pertama ini, PT HPM juga berencana untuk melakukan pengiriman Honda Mobilio kepada konsumen yang dimulai pada 25 Januari 2014.
ANANDA TERESIA | ALI HIDAYAT
Terpopuler :
Toyota Unggulkan Avanza Hadapi Mobilio
Ferrari Schumacher Dilego Rp 20,5 Miliar
Banjir, Penjualan dan Servis Mobil Turun 90 Persen
Ford Fiesta Ecoboost 1 L Bakal Lebih Mahal
Cara Aman Naik Motor Saat Hujan dan Banjir
Beli Honda Mobilio, Dapat Paket Perawatan
Yamaha Fino FI, motor matic cantik dan ramah lingkungan
Yamaha: Kecepatan biker Jakarta 3060 Km/jam
Pertamax VS Premium, mana yang aman di Injeksi?
Yamaha Fino FI - irit bahan bakar, ramah lingkungan
Merdeka.com - Tampil keren dan gaya dengan kendaraan pribadi sehari-hari tidak perlu harus merusak lingkungan. Sistem injeksi YMJet-FI yang dimiliki oleh Yamaha Fino FI terbaru, bisa memberikan dua keuntungan sekaligus bagi Anda yakni tampil keren dan ramah lingkungan.
Sejak tahun 2009 lalu, Yamaha sudah mulai memperkenalkan inovasi terbaru mesin injeksi ini di semua keluaran produk terbarunya. Penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien dan emisi gas buangan pun jadi lebih ramah lingkungan.
Detail aksesoris pada Fino FI pada Fino FI Special Edition tipe Sports ada 10 macam yaitu Side Skirt Chrome Plate, Hook 1 Chrome Plate, Cover dan Headlight White, Cover Panel Inner Chrome Plate, Cover Set Front Row Chrome dan Cover Set Rear Row Chrome, Rear Footrest Aluminium Black, Cap dan Cleaner Case1 Chrome Plate, Cover dan crankcase chrome plate, Cap dan Cleaner case1 chrome.
Mesin EcoBoost 1.0L Kecil-Kecil Cabe Rawit
Metrotvnews.com, Tangerang: Menjelang diluncurkannya Ford Fiesta baru bermesin tiga silinder EcoBoost 1.0 liter di akhir Maret nanti, hari ini PT Ford Motor Indonesia menggelar kegiatan test drive yang digelar di kawasan Alam Sutera, Tangerang.
Dalam pemaparan singkatnya, Product Launch Manager FMI Christian Gandawinata menegaskan bahwa mesin EcoBoost telah memukau para pakar otomotif sehingga secara berturut-turut meraih gelar sebagai Engine of the Year 2012 dan 2013.
Meskipun ukurannya hanya sebidang kertas berukuran A4, mesin kecil tiga silinder ini sanggup menghasilkan output 125 PS dengan torsi maksimal 170 Nm. Performa mesin kecil 1.000 cc ini bahkan bisa disejajarkan dengan mesin berkapasitas 1.600 cc!
Bahkan dalam hal torsi, mesin imut ini sanggup mengalahkan performa mesin dengan kapasitas 1.600 cc, dan yang paling penting dari itu semua adalah kurva torsi maksimalnya yang sudah tercapai di putaran yang sangat rendah yaitu 1.300 rpm!
Hebatnya lagi kurva torsi tersebut tetap stabil di 170 Nm hingga putaran mesin mencapai 4.500 rpm. Faktor-faktor tersebut merupakan alasan mengapa mesin ini bisa sejajar dengan mesin 1.600 cc dengan efisiensi mesin 1.000 cc.
Menurut Christian, mesin ini bisa dibilang merupakan perpaduan keunggulan mesin diesel dalam hal performa di low end power dan hemat bahan bakar, dengan keunggulan mesin bensin dalam hal performa gesit pada kecepatan tinggi.
"Mesin diesel dikenal kuat di putaran bawah, mesin bensin unggul di urusan top speed. Keduanya dimiliki oleh mesin EcoBoost," ungkapnya.
Dari sekian teknologi canggih yang diterapkan pada EcoBoost, terdapat tiga komponen utama yang menjadi kunci keberhasilan mesin ini dalam mengekstraksi bahan bakar menjadi tenaga seoptimal mungkin, yaitu turbo, direct injection dan manajemen katup variabel bernama Ti-VCT (Twin-independent Variable Camshaft timing).
Perangkat turbocharger-nya menggunakan model low-inertia dengan turbin yang mampu berputar hingga 248.000 rpm, dilengkapi vacuum actuated wastegate yang mengurangi tekanan-balik saat tidak memberikan hembusan.
Berikutnya adalah teknologi manajemen katup Ti-VCT berfungsi membilas sisa gas buang dari silinder, meningkatkan performa turbo dan membantu pencapaian torsi di putaran paling rendah 1.300 rpm.
Sementara sistem direct injection-nya beroperasi pada tekanan 150 bar dan mampu menyajikan beberapa kali penyemprotan bahan bakar dalam satu langkah sesuai kebutuhan mesin secara aktual.
Sistem injeksi ini diklaim mampu mengatur penggunaan bahan bakar dengan lebih baik sekaligus mampu menekan emisi gas buang sehingga mesin ini hanya memancarkan CO2 kurang dari 140 gram/km.
Salah satu kelemahan pada mesin dengan piston ganjil tiga silinder adalah getarannya yang sangat menonjol.
Untuk itu, lebih dari 200 teknisi yang berbasis di pusat-pusat teknis Ford di Dunton, Inggris, dan Merkenich, Jerman bekerja sama mengembangkan mesin tiga silinder yang tidak disukai menjadi Ford EcoBoost 1.0 liter yang halus dan lembut.
Untuk mengurangi getaran pada mesin kecil umumnya ditempuh dengan cara menambah poros penyeimbang (balancer shaft) yang harus dibayar dengan bertambahnya beban mesin, bobot, biaya, dan mengurangi penghematan bahan bakar.
Para teknisi menghasilkan alternatif yang cerdas pada EcoBoost. Mereka sengaja membuat katrol dan flywheel tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif.
Cara ini jauh lebih efektif sehingga mesin bisa dibuat lebih kompak.
Editor: Nurtjahyadi
Share:
New Yamaha Byson Fuel Injection Meluncur Tahun Depan?
OTONITY.com – Peluncuran Yamaha Byson FI Indonesia. Motor Injeksi semakin lama semakin menjamur di Indonesia, mengingat Honda Indonesia sudah hampir menginjeksikan semua produknya mulai dari motor bebek, motor matic dan motor sport low entry. Seakan tak mau kalah langkah dari kompetitor beratnya tersebut, kini mulai berhembus kabar produsen motor ternama Tanah Air yang memiliki lambang garputala juga akan membekali salah satu varian sport low entrynya yakni Yamaha Byson dengan teknologi Injeksi.
Besar kemungkinan New Yamah Byson FI ini akan resmi dirilis tahun depan, hal ini diperkuat dengan adanya pernyataan dari Dyonisius Beti selaku Vice President Yamaha Indonesia yang mengungkapkan “Untuk tahun ini, Yamaha Byson Injeksi dipastikan belum bisa meluncur. Sementera hanya V-Ixion, R15 dan R25 yang kita prioritaskan untuk motor sport Injeksi. Kalau peluncuran ini itu nantinya akan terlalu banyak.
Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Eko Prabowo yang menjabat sebagai GM Promotion Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dimana Ia menjelaskan bahwa untuk Yamaha Byson versi Injeksi masih menunggu sosialisasi akan teknologi ini menyebar secara menyeluruh ke masyarakat. “Kami menunggu teknologi Injeksi merata, masih banyak masyarakat yang lebih suka dengan sistem karburator, hal tersebut yang menjadi pertimbangan kami masih menggunakan karburator pada Yamaha Byson, “tuturnya.
Perlu diketahui bahwa untuk Yamaha Byson yang ada dipasaran, mengusung mesin dengan kapasitas 153 cc, silinder tunggal, 2 Valve SOHC, 4 langkah dan berpendingin udara lengkap dengan sistem pengkabutan bahan bakar karbuartor BS26 sehingga mampu menghasilkan output tenaga sebesar 13,73 PS pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 13,6 Nm pada 6.000 rpm.
Saringan Udara Tipe Oil Bath
Saringan Udara Tipe Oil Bath
Saringan udara tipe oli bath ini selain menggunakan saringan yang terbuat dari baja wol, juga memanfaatkan oli untuk menambah proses penyaringan. Oli digunakan untuk merendam partikel kotoran yang lebih kasar semisal pasir, sedangkan partikel kotoran yang lebih halus selanjutnya disaring oleh elemen baja wol sebelum mancapai silinder.
Di Indonesia Timur Honda Mobil Tambah Bengkel Cat Ramah Lingkungan
Honda mobil terus memperkuat jaringan pelayanan di Indonesia Timur, khususnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan diresmikannya fasilitas servis, suku cadang, serta bodi dan yang merupakan dealer ekspansi keempat dari Honda Trio Motor (HTM). Dalam rilis yang disampaikan Honda Prospect Motor kepada KompasOtomotif, hari ini (1/11) disebutkan bahwa bengkel bodi dan cat menerapkan sistem pengecatan water-based yang ramah lingkungan.
Berdiri di atas lahan 8.750 meter persegi dengan bagunan dua lantai seluas 2.123 meter persegi di Jl. Ahmad Yani Km 13, kini disediakan bay untuk general repair 10 unit, bay untuk bodi & cat 10 unit, bay parkir 24 buah, serta spray booth 2 buah.
Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT. Honda Prospect Motor menjelaskan, “Dengan adanya perluasan fasilitas bodi & cat ini, Honda Trio Motor kini dapat memberikan servis yang lebih baik lagi bagi konsumen dengan kualitas sesuai standar Honda, dan juga dengan waktu servis yang lebih cepat. Kami percaya hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan Honda, khususnya di kota Banjarmasin.“
Fasilitas Bodi dan Cat Honda Trio Motor telah menerapkan sistem green dealer, yakni pengecatan menggunakan air demineralisasi (water-based paint) sebagai pelarut sehingga dapat mengurangi penguapan VOC ke lingkungan. Selain mengurangi limbah berbahaya yang dapat mencemari tanah dan air, sistem water-based paint juga lebih aman untuk kesehatan orang-orang di sekitar. Honda Trio Motor merupakan dealer pertama di kota Banjarmasin yang telah menerapkan sistem pengecatan water-based.
Hingga saat ini, Honda memiliki 44 dealer yang telah dilengkapi dengan fasilitas bodi dan cat. Dari jumlah tersebut, 38 dealer di antaranya telah menggunakan material cat water based pada fasilitas bodi dan cat.
Di Indonesia Timur Honda Mobil Tambah Bengkel Cat Ramah Lingkungan