Kamar pusar mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membantuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yang diinjeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar utama (main combustion chamber) melalui saluran transfer untuk menyelesaiakan pembakaran.
Keuntungan:
- Dapat dicapai kecepatan mesin yang tinggi karena turbulensi kompresinya tinggi.
- Gangguan pada nozzle kecil karena menggunakan pin type nozzle.
- Tingkat kecepatan mesin lebih luas dan operasinya yang halus membuat banyak dugunakan untuk mobil penumpang.
Kerugian :
- Kontruksi silinder head dan cylinder block rumit.
- Efisiensi panas dan konsumsi bahan bakarnya lebih buruk daripada sistem injeksi langsung.
- Menggunakan busi pijar, tetapi ini kurang efektif untuk kamar pusar yang besar, karena itu mesin sukar distart.
- Diesel knock akan lebih besar pada kecepatan rendah.