Tips Merawat Kaca Mobil

Tips Merawat Kaca Mobil
 
Merawat kaca film mobil adalah hal yang sangat mudah. Untuk mendapatkan kaca film mobil yang terawat dan bersih hanya membutuhkan waktu 10 menit dan bisa dikerjakan ketika mencuci mobil dan membersihkan interior. 

Tips Merawat Kaca Mobil

Pada dasarnya kaca film mobil bebas perawatan. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkannya secara berkala.

Kendaraan mempunyai arti yang sangat penting bagi semua orang. Bahkan fungsinya bisa dikatakan vital karena tanpanya, kita akan kesulitan untuk bepergian dan melakukan aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu, kendaraan perlu kita perhatikan setiap waktu agar selalu fit dan bersih.
Jika jadwal aktifitas selama satu minggu sangat padat, Anda bisa meluangkan waktu di akhir pekan untuk merawat kendaraan. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi komponen kendaraan seperti ban, aki, pelumas, busi dan kebersihan mesin agar kendaraan selalu fit dan tahan lama.
Bagi Anda yang mempunyai keluhan panas di kabin kendaraan, Anda dapat memasang kaca film aftermarket yang berkualitas baik. Pemilik mobil yang tinggal di daerah tropis seperti Jakarta, aplikasi kaca film sudah menjadi keharusan dengan alasan kenyamanan berkendara serta faktor privasi.

Memasang kaca film terbaik akan lebih menguntungkan. Hal ini tentu berkaitan dengan kualitas dan performa kaca film itu sendiri. Ditambah lagi, urusan perawatannya tidak akan menyita banyak waktu Anda. Untuk itu, pilih hanya kaca film V-KOOL.

Keunggulan teknologi tinggi V-KOOL membuatnya selalu menjadi pilihan utama pecinta otomotif di Indonesia. Keunggulan V-KOOL yang pertama adalah menggunakan teknologi tinggi multi layered sputtering untuk penolak panas diperkuat dengan logam mulia (diantaranya emas) sehingga meningkatkan performa dan daya tahan. Kedua, V-KOOL meneruskan cahaya alami sehingga tidak mengurangi visibilitas untuk keamanan berkendara. Ketiga, Anda akan semakin nyaman berkendara karena V-KOOL menolak 98 persen sinar infra-merah penyebab panas pada kabin kendaraan. Keempat, V-KOOL melindungi interior kendaraan dari sinar UV yang merusak dengan SPF 200+ (sun protector factor). Terakhir, aplikasi V-KOOL akan meminimalisasi bahaya pecahan kaca bila terjadi kecelakaan (shatter resistance).

Pada dasarnya kaca film mobil bebas perawatan. Hal yang perlu dilakukan adalah membersihkannya secara berkala, biasanya dari debu, keringat dari sidik jari atau tangan. Hal ini dikarenakan kaca film V-KOOL telah melalui kualitas kontrol yang ketat dalam setiap produksinya.

V-KOOL dijamin oleh pabrik pembuatnya dalam hal ini Southwall Technologies (bukan oleh perusahaan distributor atau pemasang kaca film) dengan jaminan kualitas yang lengkap termasuk delaminasi, demetalisasi, terkelupas, oksidasi dan pemudaran warna. Jadi, tak perlu takut jika baru 1 tahun kaca film sudah berubah warna atau menimbulkan gelembung-gelembung udara pada kaca film.
Berikut dibawah ini adalah tips membersihkan kaca film mobil :

1.    Gunakan lap microfiber bukan lap chamois karena jauh lebih efektif. Yang perlu diingat di sini adalah gunakan lap yang bersih. Pisahkan lap microfiber untuk mengeringkan dengan lap untuk poles wax, karena sedikit banyak masih akan ada sisa kompon/wax nya. Bila perlu, gunakan campuran air dan sedikit sampo lembut.
2.    Jangan pernah menggunakan bahan pembersih yang mengandung amonia, alkohol, bersifat asam apalagi koran bekas. Walaupun kaca film memiliki lapisan scratch resistant, tetapi sebaiknya gunakan koran bekas hanya untuk kaca rumah saja.

Merawat kaca film mobil adalah hal yang sangat mudah. Untuk mendapatkan kaca film mobil yang terawat dan bersih hanya membutuhkan waktu 10 menit dan bisa dikerjakan ketika mencuci mobil dan membersihkan interior.

Tips Merawat Kaca Mobil

TIPS Cara Mengatasi Abu Vulkanis Pada Kaca Mobil

TIPS Cara Mengatasi Abu Vulkanis Pada Kaca Mobil

Hujan abu vulkanis dari letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, yang mengguyur hampir separo wilayah Pulau Jawa, Jumat (14/2/2014), memang melumpuhkan berbagai sendi kehidupan. Abu vulkanis tersebut juga menjadikan berbagai sudut kota kotor oleh debu.

Abu vulkanis tersebut juga masih kita rasakan hingga kini lantaran abu tersebut beterbangan dan hinggap di tempat mana pun. Salah satu tempat yang sering dihinggapi debu vulkanis adalah mobil.
Bila pemilik mobil tidak pandai-pandai membersihkan mobilnya, bisa jadi abu tersebut akan menggores kaca dan kulit luar mobil, karena abu vulkanis Gunung Kelud memiliki permukaan kasar.
Berikut tips mengenai bagaimana menghilangkan debu vulkanis yang menempel di kaca depan mobil.

Kalau abu vulaknis menempel pada kaca depan mobil, pemilik mobil sebaiknya tidak langsung membersihkannya dengan wiper. Pasalnya bila abu vulkanis langsung disapu oleh wiper, maka akan menggores kaca dan merusak karet wiper.Sebelum wiper dinyalakan, sebaiknya kaca depan dilap dulu menggunakan kain halus sampai bersih. Ketika debu sudah tidak terlalu banyak, baru wiper bisa dinyalakan untuk menyapu deb sisanya.

Bila pemilik sudah telanjur sering menyapu abu vulkanis yang menempel di kaca depan dengan wiper, dia menganjurkan agar mobil dibawa ke salon mobil untuk dicek apakah ada goresan pada kaca maupun kerusakan karet wiper.Kalau memang ada yang rusak, sebaiknya karet wiper langsung diganti.


Selain itu, bila mobil sedang tidak dipakai untuk bepergian dan berada di rumah, imbuh dia, pemilik kendaraan juga sebaiknya perlu sesekali membersihkan kaca mobil depan dari debu yang menempel.
Cukup dibersihkan pakai lap dan tidak perlu menyalakan wiper. Daripada menanggung harus ganti kaca, mending dibersihkan saja.

TIPS Cara Mengatasi Abu Vulkanis Pada Kaca Mobil

Polisi akan Tangkap Vespa Modifikasi yang Bahayakan Keselamatan

Polisi akan Tangkap Vespa Modifikasi yang Bahayakan Keselamatan



Motor hasil modifikasi kerap berseliweran di jalanan Ibu Kota. Kasubdit Gakum Dirlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono memastikan petugasnya bakal menindak sepeda motor hasil modifikasi yang membahayakan keselamatan.

"Kalau melintas di jalan umum maka kami akan tertibkan," kata Hindarsono saat dihubungi Minggu (2/3/2014).

Menurutnya, pengubahan bentuk motor harus mengikuti aturan. Kendaraan tak bisa sembarang diubah bentuk. "Itu harus uji tipe yang dilakukan dinas perhubungan," ujarnya.

Apalagi banyak motor termasuk vespa modifikasi dengan menambah kursi di bagian samping. Selain itu motor juga tidak dilengkapi plat nomor kendaraan. Padahal plat nomor merupakan syarat wajib kendaran sebagaimana diatur UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dia mencontohkan motor odong-odong yang membahayakan anak-anak yang jadi penumpangnya. "Odong-odong kalau melintasi jalan umum kita tilang, sama dengan motor bila diubah fungsinya," imbuhnya.

Hindarsono mengimbau pemilik kendaraan sadar akan keselamatan dirinya dan pengguna jalan lain. "Kalau cuma di komplek perumahan, silakan. Tapi bila melewati jalan umum kami tindak," tegas dia.

Polisi akan Tangkap Vespa Modifikasi yang Bahayakan Keselamatan

 

2015 Yamaha Byson Injeksi Indonesia, Kualitas Jauh Beda dengan di India

2015 Yamaha Byson Injeksi Indonesia, Kualitas Jauh Beda dengan di India

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memastikan motor sport Byson dengan segala perubahan terbarunya akan meluncur di semester pertama 2015.

Hal tersebut disampaikan Eko Prabowo, GM Promotion Community Development Yamaha Indonesia. Menurut Eko, meski di India Byson telah mengalami perubahan, namun pengembangannya akan berbeda untuk pasar Indonesia.

"Perubahan ada pengembangan sendiri, desain sedikit berbeda dengan yang ada di India, tapi mesin pasti pakai teknologi injeksi," kata Eko akhir pekan lalu.

Eko menuturkan perbedaan kualitas tersebut karena customer Indonesia lebih 'rewel' atau selalu meminta kualitas lebih tinggi, baik dari mesin atau material. Semuanya akan jauh lebih bagus dari India.

"Untuk desain beda, kemungkinan tidak pakai visor karena di Indonesia terkesan jadul, untuk lebih detail belum ada data spek mesin dari RD Yamaha," jelas Eko.

Eko juga mengaku, untuk menghadirkan Byson terbaru Yamaha tidak sembarang menentukan waktu. Bahkan, dia mengatakan, belajar dari pengalaman saat pertama kali Byson terlahir di Indonesia.

"Pernah kami mau luncurin Byson, tapi sampai delay 1-2 tahun, itu disebabkan sedikit masalah karena ada noise sedikit, tapi costumer Indonesia sangat detail. Makanya itu kami ingin mengakomodir keinginan costumer Indonesia," ungka Eko.

Sementara untuk soal harga, Eko belum mau membocorkannya, akan tetapi dia mengharapkan, tidak akan jauh berbeda, bahkan masih tetap sama.

2015 Yamaha Byson Injeksi Indonesia, Kualitas Jauh Beda dengan di India

Peluang Sebagai Desainer Dibidang Otomotif

Peluang Sebagai Desainer Dibidang Otomotif

Dunia otomotif selalu menarik perhatian, terutama dengan trend dan desain yang terus diperbaharui. Saat ini peluncuran model mobil baru hampir sama cepatnya dengan peluncuran ponsel baru. Jadi jika Anda melirik karir di bidang otomotif, maka industri ini menyediakan segudang peluang bagi Anda.


Bidang pekerjaan otomotif yang paling sering kita dengar adalah mekanik, karena merekalah yang dalam keseharian sangat dibutuhkan. Namun dalam industri, ada satu bidang yang saat ini menyediakan peluang besar untuk berkarir, yaitu desain otomotif.


Peluncuran mobil model baru saat ini bisa per kwartal atau per semester, namun bukan berarti benar-benar jenis baru, terkadang hanya berbeda dalam desain interior, eksterior dan asesorisnya saja. Jadi, kreatifitas seorang desainer otomotif sangat diperlukan dalam industri otomotif masa kini.


Dibutuhkan berbagai keahlian sebagai seorang desainer dibidang otomotif, mulai dari kemampuan tehnik, keahlian komputer, hingga kemampuan komunikasi untuk bekerja sama dalam sebuah tim. Karena untuk memunculkan sebuah konsep baru tidak hanya dikerjakan oleh satu orang, namun dalam sebuah tim dengan keahliannya masing-masing.


Jika Anda berminat untuk terjun dalam bidang ini, beberapa universitas telah menyediakan jalur yang bisa Anda tempuh, seperti universitas dengan fakultas tehnik atau fakultas desain produk. Beberapa universitas bahkan telah bekerjasama dengan industri otomotif yang memungkinkan mahasiswanya untuk magang.


Diluar negeri bidang pekerjaan ini menjanjikan penghasilan antara 30.000 hingga 50.000 dolar per tahunnya, namun untuk di Indonesia masih belum ada kisaran yang pasti. Namun jika Anda menyukai bidang desain dan otomotif, ada berbagai peluang untuk bekerja sebagai desainer otomotif, tidak harus bekerja di pabrik mobil, namun juga bisa di rumah modifikasi.

Peluang Sebagai Desainer Dibidang Otomotif


 

Grinding Machine Safety Precautions

Grinding machines are used daily in a machine shop. To avoid injuries follow the safety precautions listed below.

  • Wear goggles for all grinding machine operations.
  • Check grinding wheels for cracks before mounting.
  • Never operate grinding wheels at speeds in excess of the recommended speed.
  • Never adjust the workpiece or work mounting devices when the machine is operating
  • Do not exceed recommended depth of cut for the grinding wheel or machine.
  • Remove workpiece from grinding wheel before turning machine off.
  • Use proper wheel guards on all grinding machines.
  • On bench grinders, adjust tool rest 1/16 to 1/8 inch from the wheel

Saringan Udara Tipe Siklon

Saringan Udara Tipe Siklon

Untuk tipe siklon elemen saringannya terbuat dari kertas dan didesain dengan sirip-sirip agar udara yang masuk bisa membentuk pusaran sehingga pertikel-partikel besar bisa dipisahkan dengan gaya sentrifugal dari pusaran tersebut, selanjutnya partikel kasar tersebut ditampung dalam kotak saringan. Selanjutnya partikel yang lebih kecil disaring oleh elemen kertas tersebut.

Saringan udara tipe siklon

Otomotif : Intake Manifold Dan Exhaust Manifold

Otomotif : Intake Manifold Dan Exhaust Manifold
 
Intake manifold mendistribusikan campuran udara bahan bakar yang diproses oleh karburator ke silinder-silinder. Intake manifold dibuat dari paduan aluminium, yang dapat  memindahkan panas lebih efektif dibandingkan logam lainnya. Intake manifold diletakkan sedekat mungkin dengan sumber panas yang memungkinkan campuran udara dan bensin cepat menguap. Pada beberapa mesin intake manifold letakknya dekat dengan exhaust manifold. Ada juga mesin yang water jacketnya ditempatkan didalam intake manifold untuk memanaskan campuran udara bensin dengan adanya panas dari air radiator.

Exhaust Manifold menampung gas bekas dari semua silinder dan mengalirkan gas tersebut ke pipa buang (exhaust pipe). Exhasut manifold dibaut pada kepala silinder, saluran manifold disambungkan langsung pada lubang gas bekas (exhaust port) pada silinder.
intake dan exhaust manifold
Otomotif : Intake Manifold Dan Exhaust Manifold