Prosedur Pembersihan Karburator

Prosedur Pembersihan Karburator

Berikut ini adalah Prosedur Pembersihan Karburator

Melepas tutup karburator
  • Lepas rumah saringan udara atau tutup saringan udara
  • Lepas saluran bensin
  • Lepas batang penghubung katup cuk (gambar )

Jika bagian-bagian dibawah ini terpasang pada tutup karburator :
  • Lepas kabel/tuas cuk
  • Lepas pegas pengembali katup gas
  • Lepas katup termostik
  • Lepas tuas pompa percepatan pada porosnya ( gambar )

  • Lepas sekrup-sekrup tutup karburator dan perhatikan, kadang-kadang baut tengah pengikat tutup saringan udara juga harus dilepas jika berfungsi sebagai sekrup pengikat tutup karburator. Kalau sekrup-sekrup keras, pukul sedikit dengan palu baja pada kepalanya.
  • Lepas tutup karburator. Jika masih sulit dilepas, kontrol sekali lagi mungkin masih ada sekrup yang belum dilepas
  • Lepas paking. Hati-hati agar paking tidak rusak.
  • Kemudian melepas pelampung.
  • Perhatikan katup jarum/pegasnya, letakkan pada tempat yang aman dan bersih.


Melepas bagian-bagian pada rumah karburator
  • Bila karburator dikeluarkan dari motor, katup buang pompa percepatan dapat dikeluarkan dengan membalik karburator

Katup buang pemberat
  • Lepas jet-jet utama 1 dan 2. Pada karburator bertingkat, ukuran jet-jet utama tidak sama besar. Jet tingkat I diameter lubang kecil, jet tingkat II diameter lubang besar
  • Lepas katup pengaya 3
  • Lepas jet idle 4
  • Lepas sekrup penyetel campuran idle

  • Lepas pipa pemancar ( nosel ) dan berhati-hati karenaka terkadang nosel dapat tertukar antara tingkat I dan II

Membersihkan Karburator
  • Bila karburator masih terpasang pada motor, kontrol katup isap/buang dan pemberat pompa percepatan. Katup-katup bisa dikeluarkan dengan magnet. Jika katup sulit dikeluarkan, tahan dengan lap selama karburator dibersihkan dengan pistol udara agar katup-katup tidak melompat keluar atau jatuh kedalam saluran isap motor.

  • Bersihkan/semprot dengan pistol udara semua lubang-lubang udara/bensin sistem idle, sistem utama, sistem pengaya, sistem percepatan, ruang pelampung, lubang baut katup jarum pelampung
  • Bersihkan/semprot semua jet-jet yang dilepas : jet idle,jet koreksi udara, jet utama, jet pengaya, nosel pompa percepatan
Merakit kembali
  • Pasang kembali bagian-bagian yang dilepas. Langkah-langkah perakitan kebalikan dari pembongkaran.
Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • Diameter jet-jet utama dan nosel tingkat I dan II jangan sampai tertukar
  • Katup isap/buang pompa percepatan ( bila katup-katup dilepas ) Perhatikan ! biasanya besar katuo 9 bola/peluru ) tidak sama besar
  • Waktu mengeraskan tutup karburator harus merata, karena tutup bisa bengkok 
Prosedur Pembersihan Karburator