Berikut ini adalah Prosedur Pembersihan Karburator
Melepas tutup karburator
- Lepas rumah saringan udara atau tutup saringan udara
- Lepas saluran bensin
- Lepas batang penghubung katup cuk (gambar )
Jika bagian-bagian dibawah ini terpasang pada tutup karburator :
- Lepas kabel/tuas cuk
- Lepas pegas pengembali katup gas
- Lepas katup termostik
- Lepas tuas pompa percepatan pada porosnya ( gambar )
- Lepas sekrup-sekrup tutup karburator dan perhatikan, kadang-kadang baut tengah pengikat tutup saringan udara juga harus dilepas jika berfungsi sebagai sekrup pengikat tutup karburator. Kalau sekrup-sekrup keras, pukul sedikit dengan palu baja pada kepalanya.
- Lepas tutup karburator. Jika masih sulit dilepas, kontrol sekali lagi mungkin masih ada sekrup yang belum dilepas
- Lepas paking. Hati-hati agar paking tidak rusak.
- Kemudian melepas pelampung.
- Perhatikan katup jarum/pegasnya, letakkan pada tempat yang aman dan bersih.
Melepas bagian-bagian pada rumah karburator
- Bila karburator dikeluarkan dari motor, katup buang pompa percepatan dapat dikeluarkan dengan membalik karburator
Katup buang pemberat
- Lepas jet-jet utama 1 dan 2. Pada karburator bertingkat, ukuran jet-jet utama tidak sama besar. Jet tingkat I diameter lubang kecil, jet tingkat II diameter lubang besar
- Lepas katup pengaya 3
- Lepas jet idle 4
- Lepas sekrup penyetel campuran idle
- Lepas pipa pemancar ( nosel ) dan berhati-hati karenaka terkadang nosel dapat tertukar antara tingkat I dan II
Membersihkan Karburator
- Bila karburator masih terpasang pada motor, kontrol katup isap/buang dan pemberat pompa percepatan. Katup-katup bisa dikeluarkan dengan magnet. Jika katup sulit dikeluarkan, tahan dengan lap selama karburator dibersihkan dengan pistol udara agar katup-katup tidak melompat keluar atau jatuh kedalam saluran isap motor.
- Bersihkan/semprot dengan pistol udara semua lubang-lubang udara/bensin sistem idle, sistem utama, sistem pengaya, sistem percepatan, ruang pelampung, lubang baut katup jarum pelampung
- Bersihkan/semprot semua jet-jet yang dilepas : jet idle,jet koreksi udara, jet utama, jet pengaya, nosel pompa percepatan
- Pasang kembali bagian-bagian yang dilepas. Langkah-langkah perakitan kebalikan dari pembongkaran.
- Diameter jet-jet utama dan nosel tingkat I dan II jangan sampai tertukar
- Katup isap/buang pompa percepatan ( bila katup-katup dilepas ) Perhatikan ! biasanya besar katuo 9 bola/peluru ) tidak sama besar
- Waktu mengeraskan tutup karburator harus merata, karena tutup bisa bengkok