Saat bebas
- Tidak ada gaya tekan pedal maka pegas rekasi mendorong katup pengendali ke arah katup udara menutup dan katup vakum membuka
- Saluran vakum terbuka maka ruang A berhubungan dengan ruang B
- Tekanan diruang A maka ruang B, tekanan seimbang ñ tidak ada rekasi gaya dorong torak
- Pegas pengembali mampu menekan torak pada posisi belum bekerja
Saat Direm
“ Gaya Pengereman = Gaya dorong pedal + Torak Boster“
Saat Pedal Rem Lepas Injakan
- Jika tidak ada gaya dorong pedal, pegas katup pengendali mendorong katup pengendali ke arah katup udara menutup udara sehingga saluran vakum
- Pegas pengembali torak boster terus mendorong pada posisi tidak direm
-
Jika melepas injakannya sedikit ( saat pedal rem ditekan ), gerakan kembali katup pengendali terhenti dan torak terus bergerak hingga saluran vakum tertutup lagi ruang B kembali berhubungan dengan tekanan atmostfir è tekanan ke torak silinder master dipertahankan sesuai kehendak sopir