Lakukan penyetelan, perbaikan dan pengantian piranti yang perlu jika ditemui keausan atau kerusakan berlebihan selama pemeriksaan.
a. Pelat tekanan
Periksa secara visual permukaan gesekan pelat tekanan jika kemungkinan ada keausan berlebihan dan retakan karena panas (heat crack). apabila ada keausan berlebihanatau retakan akibat panas terlalu dalam pelat harus diganti.
b. Warpage pelat tekanan
Gunakan penggaris yang lurus dan feeler gauge untuk menukur kerataan permukaan gesekan pelat tekanan pada keempat arah. Apabila nilai yang diukur melebihi batas yang telah ditetapkan palat tekanan harus diganti.
c. Tutup Kopling (clutch cover)
Secara visual periksa tutp kopling jika kemungkinan ada berlebihan keausan, retakan, dan kerusakan yang lainnya. Tutup kopling harus diganti jika ditemukan salah satu kondisi-kondisi seperti abrasi, goresan, retakan dan bengkok pada permukaan gesek ke cakram, paku keling yang longgar dan keausan cincin. Gerinda goresan yang kecil atau ganti komponen jika ditemukan goresan yang berebihan.
d. Ketinggian jari pegas diafragma
- Tempatkan spacer yang sesuai di bawah pelat tekanan.
- Menekan terus pelat penekan dan pegas diafragma. Cara untuk melakukannya yaitu menggunakan kunci penekan untuk menekan ke bawah komponen dari atas dan mengencangkan fixing bolts
- Mengukur ketinggian spring finger A dari tempatnya ke ujung pegas.
- Beri Grease serbaguna
e. Shift Fork
- Secara visual periksa permukaan shift fork yang bersinggungan denganshft block bila ada keausan dan kerusakan yang berlebihan
- singkirkan tonjolan atau abrasi pada shift block dengan batu minyak (oil stone). Ganti jika ada kerusakan atau keausan berlebihan.
- Beri grease jenis serbaguna
f. Pelat gerak
- Secara visual periksa pegas torsi (1) bila ada yang kendor , patah atau lemah.
- Secara visual periksa permukaan facing (2) kalau ada retakan dan hangus yang berlebihan atau bila ada oli atau grease. Bila ada kondisi tersebut facing harus dibersihkan atau diganti.
- Periksa bahwa pelat dapat bergerak dengan lancar pada gerigi poros gigi (gear shaft spline) transmisi puncak. Tonjolan kecil diatas gerigi poros gigi dapat dihilangkan dengan batu minyak (oil stone)
g. Warpage pelat gerak
- Masukkan clutch plot aligner ke dalam hub bergerigi dari pelat gerak. Clutch pilot aligner harus sempurna ditahan pada posisi horizontal.
- Pasang dial indikator pada keliling luar dari pelat gerak
- secara perlahan putar pelat gerak. Baca dial indikator pada saat memutar pelat gerak. bila nilai terukur melebihi batas yang dianjurkan pelat gerak dan/atau facing harus diganti.
h. Keausan Gerigi hub pelat gerak
- Bersihkan hub bergerigi pelat gerak
- Pasang pelat gerak ke gerigi poros gigi atas transmisi top
- Pasang surface gauge (pengukur) permukaan kekelilling luar pelat gerak
- Secara perlahan-lahan putar gerak berlawanan arah jarum jam. Ukurlah gerak bebas rotasi gerigi pada waktu anda memutar pelat gerak.
i. Depresi kepala paku keling (Rivet Head)
Gunakan depth gauge (pengukur kedalaman) atau tepi lurus dengan penggaris baja untuk mengukur kedalaman kepala paku keling (1) dari permukaan facing (2). Pastikan untuk mengukur depresi kepala paku keling pada kedua sisi pelat gerak.