Kegunaan :
- Memberi bensin tambahan saat start dingin sehingga motor mudah dihidupkan.
- Membuka katup gas sedikit lebih besar, supaya motor dingin tidak mati pada keadaan idel
Komponen pada cuk :
1.Kabel cuk 2. Tuas cuk 3. Katup cuk 4. Batang penghubung 5. Sekrup penyetel start dingin
6. Tuas katup 7. Katup gas 8. Kabel gas
Cara Kerja Sistem Cuk Biasa
1. Start dingin ( katup cuk ditutup )
Vakum mencapai nosel utama, maka : banyak bensin terhisap dan motor mulai hidup. Batang penghubung membuka katup gas lebih besar, maka : Putaran start dingin lebih tinggi dari pada idle ( » 1500 rpm)
2. Motor hidup, tetapi motor masih dingin
Penambahan bensin harus dikurangi, maka: katup cuk ½ terbuka Batang penghubung masih membuka katup gas sedikit, maka: putaran motor masih sedikit lebih besar dari pada idle ( » 1000 rpm )Hal tersebut mencegah motor mati, karena banjir.