KESELAMATAN KERJA :
- Tabung freon jangan ditempatkan pada panas matahari.
- Letakkanlah tabung pada tempat yang aman dengan temperatur dibawah 40°C.
- Pengaruh kenaikan tekanan akibat kenaikan temperatur cukup cepat pada freon, menyebabkan tabung bisa meledak bila ditempatkan pada suhu di atas 40°C.
- Gunakanlah selalu kaca mata dan sarung tangan pada waktu bekerja mengisi dan mengosokan freon dari sistem AC.
LANGKAH KERJA
- Rangkai instalasi slang – slang alat pengisian khusus (Charging Station) seperti gambar di bawah ini.
Pada waktu merangkai instalasi slang, semua kran harus dalam keadaan menutup. Mulailah merangkai slang dari tabung freon tabung skala manometer dan dari pompa vakum listrik manometer, sebelum memasangkan slang ke katup pelayanan kompresor.
Keterangan gambar :
· Manometer TR : manometer tekanan rendah (warna biru)
· Manometer TT : manometer tekanan tinggi (warna merah)
· Katup pelayanan TR : katup pelayanan tekanan rendah pada kompresor (s)
· Katup pelayanan TT : katup pelayanan tekanan tinggi pada kompresor (D)
· K1 s/d K7 : kran – kran
· Sakelar heater : sakelar pemanas tabung skala
· Sakelar vacum pump : sakelar pompa vakum listrik
- Pasangkan slang manometer TR ke katup pelayanan TR, kompresor dan slang manometer TT ke TT kompresor
- Lepaskan slang pompa vakum
- Bukalah kran K1, K2 & K3 pelan – pelan saja, sampai freon yang ada dalam sistem AC habis kran – kran harus dibuka pelan saja agar oli kompresor yang beredar dalam sistem AC tidak ikut terbawa ke luar. Tutup kembali kran – kran, bila freon sudah habis dikeluarkan. Berilah tempat penampung pada ujung K2 agar oli kompresor yang masih ikut keluar di tampung
- Sambil menunggu freon yang dikeluarkan dari sistem pindahkanlah isi freon yang ada pada tebung freon ke tabung skala
- Buka kran K6 dan K7, K4 dibuka pelan – pelan agar freon cair dapat masuk ke tabung skala (dengan membuka K4 pelan saja maka tekanan gas freon di atas freon cair dikurangi, sehingga freon cair lebih mudah masuk ke tabung skala). Isi tabung skala » 75 % dari volume tutup K6 & K7
sorry, biar loadingnya gak kelamaan ……………………………………. bersambung ke part 2