Penemu motor Diesel adalah seorang ahli dari Jerman, bernama Rudolf diesel Ia mendapat hak paten untuk mesin Diesel pada tahun 1892, tetapi mesin Diesel tersebut baru dapat dioperasikan dengan baik pada tahun 1897.
Tujuan Rudolf Diesel
- Menaikkan rendemen motor (rendemen motor bensin = 30 %, rendemen motor Diesel = 40 – 51 %)
- Mengganti sistem pengapian dengan sistem penyalaan siri, karena sistem pengapian motor bensin pada waktu itu kurang baik
- Mengembangkan sebuah mobil yang dapat dioperasikan dengan bahan bakar lebih murah dari pada bensin
Kesulitan Rudolf Diesel
Belum ada pompa injeksi yang
dapat menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi, penyempurnaan dilakukan Charles F. Kettering dengan memberikan pompa injeksi yang baik pada tahun 1924
So mari kita liat prinsip kerjanya:
Jadi bahan bakar disemprotkan lewat injector, kemudian dikompresikan dan terbakar (meledak) mendorong piston kebawah menjadi langkah kerja....
Ok deh....
- V-Diesel
- Commonrail Diesel