Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga
- Kopling ---> Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
- Transmisi ---> Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan
- Poros Penggerak (propeler Shaft) ---> Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi
- Penggerak Aksel (Gardan) ---> Penggerak sudut, untuk memindahkan arah putaran poros penggerak kearah poros aksel. Differensial, untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok
- Poros Aksel ---> Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda
Sistem Penggerak Roda
A. Penggerak Roda Belakang
- Motor Di Depan
Contoh pemakaian : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )
Keuntungan : Kenyamanan pada jalan aspal baik
Kerugian : Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang
- Motor belakang
Contoh pemakaian : VW kodok (lama) , bis Mb dan lain-lain
Keuntungan : Pada jalan lumpur traksi baik
Kerugian : Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan
B. Penggerak Roda Depan
- Motor Memanjang
Contoh pemakaian : Konstruksi lama Misalnya : Renault
Keuntungan : Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil, traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang
Kerugian : Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
- Motor Melintang
Contoh pemakaian : pada kebanyakan kendaraan
Keuntungan : Menghemat tempat, Penggerak sudut tidak diperlukan, Poros propeler tidak diperlukan lagi
Kerugian : Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
C. Penggerak empat roda
Contoh pemakaian : Kendaraan lapangan, Militer dan lain-lain
Mis : Toyota Land Cruiser, Daihatsu Taft dan lain-lain
Keuntungan : Traksi sangat baik
Kerugian : Harga lebih mahal dan berat
Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan :
a. Penggerak empat roda selektif
· Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik
· Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek
b. Penggerak empat roda permanen
· Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak ( Mis : Diferensial, Kopling Visco )
· Lebih mahal