Cara Merawat Rantai Sepeda Motor
Bagaimana membersihkan Rantai roda, Komponen ini adalah bagian yang sanga penting berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Rantai ini juga punya masa pakai efektif yang terbatas, itu sebabnya perawatan rantai roda menjadi sangat penting untuk dijaga, agar rantai tetap berfungsi dengan baik.
Saat ini banyak sekali motor yang lebih mengutamakan unsur estetika daripada unsur ketahanan rantai roda, hal ini bisa dilihat dengan sangat sedikitnya motor yang menggunakan chaincase / penutup rantai roda, untuk melindungi rantai dari pengaruh cuaca. Padahal.. penutup rantai bisa membuat usia pakai rantai roda menjadi lebih panjang. Rantai tidak lekas berkarat, dan tidak mudah kemasukan kotoran.
Pengguna sepeda motorpun banyak yang kurang memperhatikan alias mengabaikan pentingnya perawatan rantai roda. Tidak jarang kita melihat ada pengguna motor yang rantainya putus, rantainya lepas, bahkan terjatuh karena rantainya terlepas dan mengunci ronda dengan swing arm.
Banyak pula yang rantai rodanya sampai menimbulkan suara berisik akibat kekencangannya tidak terjaga dengan cukup. Mengakibatkan gear set depan belakang ikut termakan gesekan dan menjadi runcing ujung mata gear-nya.
Kapan Saatnya Pengecekan
Lakukan pengecekan kekencangan rantai roda minimal sebulan sekali. Lebih aman jika anda melakukannya pada setiap kali anda melakukan penggantian oli mesin secara berkala. Agar tidak mudah terlupa.
Bagaimana Cara Merawatnya
Ada 3 hal RUTIN dan penting yang harus selalu dilakukan, yaitu Pengecekan, Penyetelan. & Perawatan.
Pengecekan
Cek kelurusan dan kesesuaian rantai roda dengan sproketnya. Hal ini penting untuk mencegah ausnya rantai motor anda akibat posisi gear rantai yang tidak lurus simetris depan belakang. Cek posisi mata rantai dan sambungan. Rantai yang mulai aus akan mulai mulur dan kendur dengan sendirinya. Perhatikan posisi rantai pada lengkungan gir belakang lalu tarik kebelakang rantai dengan tangan, apabila ada jeda / space lebih dari 3mm, maka bisa dipastikan rantai dan gir harus disetel ulang untuk mendapatkan kekencengan rantai yang memadai. Cek ketegangan rantai , tekan keatas rantai bagian bawah dengan tangan, apabila jarak main terlalu banyak segeralah disetel ulang.
Penyetelan
Seperti point diatas, apabila rantai bisa ditarik kebelakang berarti gir sudah mulai meruncing, apabila rantai bagian bawah ditekan keatas punya jarak main yang cukup banyak. Lakukan penyetelan dengan mengendorkan As Roda terlebih dahulu, kemudian putar kekanan baut setelan kekencangan rantai, putar perlahan sekali putar saja. Lakukan seperti itu sampai didapat kekencangan yang memadai. Artinya rantai tidak terlalu ketat / tegang, tapi juga tidak terlalu kendur. Setelah itu kencangkan kembali as roda motor Anda. Apabila rantai sudah tidak bisa dikencangkan karena sudah terlalu mulur, solusi hematnya anda bisa memotong 1-2 mata dengan menggunakan gerinda. Sambung kembali rantai, pasang klip dan penguncinya seperti posisi semula. Pemotongan rantai sebaiknya tidak dilakukan berkali-kali, apabila sudah pernah 2 kali dipotong, kali ke-3 sebaiknya rantai set diganti baru.
Perawatan
Untuk memperpanjang usia rantai, lakukan pelumasan rantai secara berkala dengan menggunakan chainlube atau bahasa kerennya pelumas rantai. Saat ini ada banyak sekali merek pelumas rantai di pasaran, pilihlah yang baik. Anda bisa bertanya kepada penjualnya, produk mana yang cukup baik. Pelumasan rantai secara berkala selain berguna untuk mengurangi gesekan, memperpanjang usia rantai, juga menghindari terjadinya korosi akibat karat.Sekali dalam 3 bulan, anda dapat melakukan pembersihan kotoran pada rantai dengan menyemprot rantai dengan udara bertekanan (pakai kompresor) , campur dengan minyak tanah atau bensin. Agar semua kotoran dan sisa pelumas luruh bersih, siap untuk dilumasi kembali dengan pelumas rantai.
Sebelum Lumasi Setelah Disemprot Pembersih Rantai
Stop!!! Jangan melumasi rantai oli dengan oli, karena putaran roda membuat semua oli akan terlempar kembali menyisakan kotoran pada velg motor Anda.
Lumasi rantai dengan gemuk (grease) yang dipanaskan agar gemuk dapat meresap kedalam roll rantai, caranya pertama-tama pilih gemuk yang baik, masukkan dalam panci bekas, kemudian rebus gemuk sampai 100 0C. Langkah berikutnya masukkan rantai kedalam gemuk yang telah mencair tadi, diamkan selama 15 menit agar semua larutan meresap kedalam celah-celah rantai. Sebelum gemuk menggumpal kembali, angkatlah rantai lalu keringkan. Setelah mengering. Rantai siap dipasang kembali.
Ingin yang lebih baik, gunakan pembersih dari pabrik semisal Motul Chain, Dupont dan lain-lain, minya pelumas ini merupakan minya sintetik.
Yang harus Dihindari agar rantai roda tidak lekas rusak :
1.Hindari kebiasaan menghentak laju kendaraan dengan melepas kopling dengan tiba-tiba.
2.Hindari kebiasaan menerabas banjir, terutama apabila anda tinggal didaerah pesisir.
3.Hindari kebiasaan membawa beban berat melebihi kapasitas yang diperbolehkan.
4.Hindari penggunaan ban besar plus velg casting wheel melebihi kapasitas yang seharusnya.
5.Gunakan rantai yang sesuai rekomendasi dari pabrik.
Demikian Cara Merawat Rantai Sepeda Motor