Pada torak-torak selalu terjadi kebocoran gas selama langkah kompresi dan usaha. Gas bekas itu masuk karter dan harus dibuang. Pada motor lama, gas tersebut. dibuang keudara luar melali sebuah pipa, akibatnya timbul polusi. Pada motor modern, gas yang masuk karter dialirkan kembali kesaluran masuk melalui sistem ventilasi karter
Sederhana Dengan Katup PVC
Kebocoran / sumbatan pada sistem ventilasi sangat mempengaruhi stabilitas putaran idle. Oleh karena itu, sistem ventilasi karter harus dikontrol / dirawat dengan baik
Perawatan sistem ventilasi karter
Umum :
· Periksa slang-slangnya apakah longgar, robek, dsb. Bersihkan slang yang tersumbat kotoran.
Sistem sederhana
· Bersihkan jet kalibrasi pada saluran masuk dengan bensin dan pistol udara
Sistem PCV
· Kontrol bekerjanya katup PCV dengan memijat-melepas slang yang menuju kesaluran masuk dengan tangan. Kalau terdengan suara “ klik-klik “, katup PCV bekerja dengan baik. Jika tidak, cuci / ganti katup PCV
Home » Car Maintenance Tips »
Engine »
sistem ventilasi karter
» Pemeriksaan & Pembersihan Sistem Ventilasi Karter
Langganan:
Posting Komentar (Atom)