Pengaruh camber terhadap pengemudian
A. Camber Positif
Gaya sejajar sumbu spindel ( Fs ) yang mengarah ke
roda menyebabkan reaksi roda menekan ke arah bantalan dalam sehingga
reaksi kekocakan ( oblak ) bantalan berkurang. Camber positif mengurangi efek kekocakan bantalan
·
Letak beban kendaraan pada spindel mendekati bantalan dalam menyebabkan
getaran ditimbulkan spindel diteruskan ke sistem kemudi menjadi kecil
· Bantalan roda bagian dalam dibuat lebih besar
B. Camber Negatif ( – )
Gaya sejajar sumbu spindel ( Fs ) yang mengarah keluar dari roda menyebabkan roda ingin lepas dari pengikatnya, reaksi kekocakan bantalan pada roda kemudi bertambah. Camber negatif menyebabkan efek kebebasan bantalan roda bertambah.
Letak
beban kendaraan pada sumbu spindel mendekati bantalan luar, menyebabkan
gaya pada spindel diteruskan ke sistem kemudi bertambah
C. Camber Nol ( 0 )
Bila kendaraan di atas jalan yang berbatu, getaran yang timbul besar.
Gaya B langsung diteruskan ke sambungan kemudi dan roda kemudi menjadi
bergetar. Camber nol menyebabkan getaran pada roda kemudi besar dan tidak stabil tergantung jarak titik A terhadap sumbu putar kemudi
Pengaruh camber terhadap pengemudian