Pengaruh camber terhadap pengemudian

Pengaruh camber terhadap pengemudian
 
A. Camber Positif

Gaya sejajar sumbu spindel ( Fs ) yang mengarah ke roda menyebabkan reaksi roda menekan ke arah bantalan dalam sehingga reaksi kekocakan ( oblak ) bantalan berkurang. Camber positif mengurangi efek kekocakan bantalan

· Letak beban kendaraan pada spindel mendekati bantalan dalam menyebabkan getaran ditimbulkan spindel diteruskan ke sistem kemudi menjadi kecil
· Bantalan roda bagian dalam dibuat lebih besar

image

B. Camber Negatif ( – )

Gaya sejajar sumbu spindel ( Fs ) yang mengarah keluar dari roda menyebabkan roda ingin lepas dari pengikatnya, reaksi kekocakan bantalan pada roda kemudi bertambah. Camber negatif menyebabkan efek kebebasan bantalan roda bertambah. 

Letak beban kendaraan pada sumbu spindel mendekati bantalan luar, menyebabkan gaya pada spindel diteruskan ke sistem kemudi bertambah

image C. Camber Nol ( 0 )

Bila kendaraan di atas jalan yang berbatu, getaran yang timbul besar. Gaya B langsung diteruskan ke sambungan kemudi dan roda kemudi menjadi bergetar. Camber nol menyebabkan getaran pada roda kemudi besar dan tidak stabil tergantung jarak titik A terhadap sumbu putar kemudiimage

Pengaruh camber terhadap pengemudian