Bagian-bagian Roda (wheel) Sepeda Motor

Pada sepeda motor roda berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara, menyalurkan daya dorong, pengereman, daya stir pada jalan.. Disaat yang sama roda juga menyerap tekanan/kejutan dari permukaan jalan Pada sepeda motor roda berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara pada area yang kecil dimana permukaan ban menyentuh permukaan jalan, menyalurkan daya dorong, pengereman, daya stir pada jalan. Untuk itu roda harus bersifat kuat, kaku/rigit dan ringan. Ada tiga bagian roda pada sepeda motor, yaitu bagian hub roda, bagian pelek roda (wheel rim), dan ban (tire). Pada hub roda terpasang bantalan peluru (bearing), sepatu rem, tromol dan komponen bantu lainnya. Hub dan pelek roda dihubungkan oleh jari-jari (spokes). Ada juga roda dengan model satu kesatuan dimana hub dan peleknya terbuat dari bahan yang ringan (seperti pada aluminium). Design roda/pelek tergantung dari tipe struktur, material dan metode pembuatan roda dari pabrik yaitu:

a. Tipe roda jari-jari (wire spoke wheel)

 

Tipe ini paling banyak digunakan pada sepeda motor. dimana roda terbuat dari lembaran-lembaran baja atau alumunium alloy yang melingkar dan hub/tromol terpasang kaku oleh jari-jari.

Bagian-bagian Roda

1 Grease seal
2 Bearing
3 Spacer
4 Hub casting
5 Brake disc bolt
6 Brake caliper
7 Speedometer cable
8 Axle
9 Speedometer drive unit
10 Speedometer drive gear
11 Bearing
12 Retaining plate
13 Hub cover
14 Collar
15 Axle nut

 

 

b. Tipe roda dari paduan tuang (cast alloy wheel)

Roda dan jari-jari menjadi satu disebut tipe “Light alloy disk wheel. Regiditas dan kekuatannya sama dengan sebelumnya, tidak diperlukan penyetelan untuk balancinga roda (beda dengan jarijari yang perlu disetel untuk balancingnya). Designnya sangat trendi biasanya digunakan motor besar, kadang-kadang pada motor kecil dan motor-motor sport.