Steering Wheel and Column Inspection

Play Inspection
1. With the wheels in the straight-ahead position, start the engine.
2. Turn the steering wheel to the left and right gently, and verify that the steering wheel play is within the
specification. (0 - 30 mm {0 - 1.2 in})

Looseness, Play Inspection
1. Move the steering wheel toward the shaft and in four right angle directions to inspect for looseness and
play.

Mobil murah asal China

China membuat gebrakan baru didunia otomotif dengan mengalahkan India yang membuat nano yang diklaim termurah, pabrikan mobil mereka Geely siap membuat mobil murah sejagat dan menyebar ancaman untuk pesaingnya mobil anyar mereka Intelligent Geely (IG) yang sebelumnya tampil di ajang otomotif bergengsi Beijing Auto Show siap diproduksi pada 2012 dan dipasarkan 2013 mendatang.

Mobil ini begitu memikat, apalagi target harga mobil ini juga sangat murah yakni hanya sebesar 10.000 RMB atau sekitar Rp13 jutaan saja. Bila dilihat dari harganya, IG hampir sama dengan harga sebuah motor di Indonesia.

Spesifikasi

Konsep IG sendiri tampil mengesankan di ajang Beijing Auto Show lalu dengan desain dan teknologi terkini. Pada model konsepnya, IG mengaplikasi pintu model sayap camar alias gullwing dengan lekuk tubuh yang futuristik. Sementara untuk dapur pacunya, Geely IG konsep tersebut sudah mengaplikasi teknologi hibrid dengan memadukan sebuah mesin konvensional berkapasitas 998 cc dan sebuah motor listrik.

Dengan perpaduan dua kekuatan itu, Geely IG mampu melaju hingga ke kecepatan 150 km/jam. Kemampuan tersebut didapatnya berkat sumbangan tenaga dari mesin konvensional yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 52 kW pada 6.000 RPM dengan torsi mencapai 93 Nm pada 3.400-3.800 RPM.

Sementara motor listrik yang digerakan oleh Iron Phosphate lithium-nya mampu menyemburkan tenaga hingga 60 kW pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi mencapai 180 Nm pada 6.000 RPM.

Wow, adik dari Pulsar SS400 'nongol' bro!

Berita Terkait

  • Menghitung mundur detik-detik peluncuran Yamaha R15
    Menghitung mundur detik-detik peluncuran Yamaha R15

  • Mesin Ninja RR Mono dari Thailand, 'frame' Indonesia

  • Moge baru Kawasaki Z1000 mengaspal 28 Februari


Merdeka.com - Di gelaran Auto Expo India 2014 yang lalu menjadi saksi kemunculan sosok supersport Bajaj Pulsar SS400 yang sedianya akan mengaspal paling lambat akhir tahun ini juga. Namun, fakta yang terbongkar belum lama ini menyebutkan bahwa SS400 memiliki adik. Siapakah dia?

Melalui laporan Bikewale dari sumber terpercayanya, tidak hanya akan rilis dengan kapasitas mesin 400cc saja - Bajaj Pulsar ternyata juga sudah mempersiapkan bakal adik SS400 yang diprediksi bernama Bajaj Pulsar SS200. Dari penamaannya sudah bisa ditebak bahwa nantinya SS200 ini akan 'menggendong' mesin di kisaran 200cc.

Spyshot Bajaj Pulsar SS200

Gambar spyshot sektor headlamp yang menunjukkan SS200, terlihat nyaris tidak ada perbedaan sama sekali dengan sang kakak - Bajaj Pulsar SS400. Dengan setiap lekukan tajam yang nampak, mengisyaratkan bahwa inilah 'the next predator' bagi para rivalnya yang 'bermain' dengan sportbike berjenis full-fairing.

Secara garis besar, sumber dari Bajaj Auto membeberkan dua perbedaan mendasar dari kedua saudara kembar ini. Pertama, Pulsar SS200 kabarnya tidak akan dibekali dengan teknologi ABS (anti-lock braking system) di sektor remnya. Kedua, secara keseluruhan dimensi bodyworknya akan dibuat lebih ramping dan kecil daripada SS400. Untuk masalah teknologi pemasok bahan bakar keduanya akan sama-sama mengunakan sistem injeksi (fuel-injection - FI).

Bajaj Pulsar SS400

Pabrikan Bajaj Auto yang bermarkas di Pune - India ini memastikan untuk keduanya akan 'didandani' dengan permainan warna-warna cerah sehingga jelas segmen pasar mereka tetap menyasar kaum muda.

Lantaran Pulsar SS200 ini nantinya akan menyanding Pulsar NS200 dan KTM Duke 200 di pasaran, bisa diprediksi bahwa 'positioning' harga tidak akan jauh berbeda. Jika menengok harga Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Indonesia yang dibanderol Rp 23,3 juta (OTR Jabodetabek), kemungkinan besar SS200 tidak akan jauh dari nominal tersebut.

Bagaimana Bro, semakin penasaran dengan sosok Pulsar SS200? Kita tunggu saja perkembangan beritanya.

(kpl/abe)












Mesin injeksi Yamaha hemat pada kecepatan 20-60 Km/Jam

Berita Terkait

  • Toughpad FZ-X1, tablet 5 inci tahan banting buatan Panasonic
    Toughpad FZ-X1, tablet 5 inci tahan banting buatan Panasonic  

  • Yamaha Fino FI, motor matic cantik dan ramah lingkungan

  • Yamaha Vixion boros, mungkin sering di atas 60 Km jam


Merdeka.com - Yamaha sampai saat ini masih mengedukasi masyarakat dengan teknologi YMJET-FI yang dimilikinya. Teknologi tersebut pun satu demi satu diterapkan pada semua model motornya, baik skutik, bebek, hingga sport.

Satu dari sekian keunggulan YMJET-FI adalah efisiensi bahan bakar. Namun Yamaha memiliki penyetelan sendiri, yang didasari pada survei mereka terhadap kecepatan rata-rata motor yang digunakan, terutama di Jakarta.

Yamaha

"Yamaha itu kami setting di 20 sampai 60 km/jam itu irit banget. Berdasarkan kebiasaan pengendara dan survei, di zona ekonomis (20--60 km/jam)," ucap Slamet Kasianon, Supervisor Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Mengenai hemat atau tidaknya mesin injeksi, ada keluhan yang muncul dari pengguna Vixion bahwa sepeda motornya terasa tidak menunjukkan keunggulan itu walaupun diakui enak saat dikendarai.

Yamaha

Injeksi sendiri dimaksudkan agar masuknya bahan bakar ke ruang pembakaran bisa dilakukan sesuai kebutuhan sehingga bisa lebih efisien.

Pihak Yamaha menyanggah bahwa bahan bakar yang boros itu bisa jadi karena gaya berkendara sang biker. "Kalau sudah pakai Vixion, merasa boros. Ini menyangkut karakter pengendaranya. Ini biasanya sudah di atas 60 km/jam," ujar Muhammad Abidin, General Manager Service dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Yamaha

Dalam penelitiannya, hampir 90 persen pengguna menggunakan motor pada kecepatan 20-30 sampai 60 km/jam. Laju mungkin akan lebih cepat selepas lampu merah, tetapi akan menurun lagi pada jarak 300 meter.

(kpl/why/nzr/sdi)












Yamaha Byson injeksi brojol tahun depan

Berita Terkait

  • Kenapa Indonesia Jadi Pertama Lahirnya Ninja RR Mono?
    Kenapa Indonesia Jadi Pertama Lahirnya Ninja RR Mono?

  • Tips dan garansi Yamaha buat motor terkena banjir

  • Yamaha ancang-ancang naikkan Harga Moge?


Merdeka.com - Niatan Yamaha untuk menjadikan semua produknya bermesin injeksi dilakukan secara bertahap. Pertahapan tersebut dilakukan agar pasar produknya satu sama lain tidak terganggu.

Salah satu produk sport yang bakal bermesin FI selanjutnya adalah Byson 150. Yamaha berencana merilis Byson injeksi tahun depan. Yamaha tidak ingin terburu buru menelurkan Byson injeksi tahun ini karena dikhawatirkan menggembosi pasar Vixion dan varian sport lain yang bakal meluncur tahun ini.

"(Byson injeksi) tidak tahun ini, tapi pasti akan kita keluarkan, namun tidak tahun ini. Kalau dikeluarkan semua, akan ada banyak model sport Yamaha. Karena kita masih akan ada R15, R25, dan V-Ixion yang akan kita kejar tahun ini," ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di sela-sela training mesin injeksi Yamaha untuk media di Yamaha DDS Cempaka Putih, Kemarin.

Ilustrasi Konsep All-New Byson

Selain Byson, bebek Jupiter MX direncanakan juga akan bermesin injeksi. Soal peluncurannya sendiri kemungkinan tahun depan. "Yang injeksi MX, antara tahun ini atau bareng Byson (2015). Karena masih ada konsumen yang suka injeksi," tambah Dyon.

Yamaha sendiri mengaku saat ini tengah berkonsentrasi pada kampanye dan mengedukasi teknologi injeksi YMJET-FI kepada konsumennya. Yamaha sendiri kini tengah gencar mengkampanyekan keunggulan mesin YMJET-FI kepada masyarakat dengan mengambil tagline 'Irit dan Kencang'.

(kpl/nzr/sdi)












TVS Juga Siapkan 2 Motor Matik Baru di awal 2014

Melihat respons masyarakat itu, TVS pun berniat untuk kembali meluncurkan motor matik di tahun 2014 ini. Tidak tanggung-tanggung, bakal ada 2 skutik yang siap diluncurkan TVS di tahun ini.

Di segmen sepeda motor matik, pabrikan TVS baru bermain di pertengahan tahun 2013 lalu dengan meluncurkan Dazz. Sambutan masyarakat terhadap motor yang dibanderol Rp 9,99 juta ini dirasa TVS cukup bagus.

"Untuk matiknya juga kita akan siapkan. 2 motor matik yang rencananya akan kita luncurkan tahun ini," kata Chief Marketing Officer PT TVS Motor Company Indonesia Herry Budijanto Dragono di Jakarta, Senin (6/1/2014).

Menariknya lagi, kedua motor matik TVS itu akan mengusung sistem pengkabutan injeksi. Berbeda dengan skutik pertamanya, Dazz yang masih mengusung sistem pembakaran karburator.

"Untuk skutik kita sudah injeksi dan sistem injeksinya benar-benar disesuaikan dengan kondisi bahan bakar di Indonesia," katanya lagi.

Ditambahkannya, sistem injeksi yang akan diterapkan oleh pabrikan asal India ini berbeda dengan yang ditawarkan oleh pabrikan asal Jepang.

"Kita sedang mengkajinya lebih dalam. Kami tidak ingin nasibnya sama seperti pabrikan yang lebih dulu meluncurkan motor injeksi yang masyarakat sering mengeluh head injector-nya mengalami masalah. Injeksi kami yang jelas berbeda, tunggu saja," ujarnya.

Untuk masalah harga, Herry masih menutup keran informasinya rapat-rapat dengan alasan masih melihat situasi perekonomian di Indonesia terutama nilai tukar rupiah terhadap dolar.

"Kita meliihat kondisi dolar dulu seperti apa, kalau nanti tiba-tiba Rp 14 ribu atau sampai Rp 15 ribu bagaimana? Jadi untuk harga nanti dulu, tunggu saja nanti ketika di-launching," tuntasnya.

Simak terus coilku.com untuk berita terbaru....