Sistem kontrol berfungsi untuk mengetahui kebocoran pada sirkit rem hidraulis
Macam – macam sistem kontrol
- Sistem torak dengan satu saklar
- Sistem Listrik Dengan Dua Saklar
· Bila sistem rem hidraulis belum bekerja lampu mati · Bila kedua sistem rem berfungsi lampu mati Bila sistem rem berfungsi hanya satu lampu menyala |
Saklar dan nama bagian - bagiannya
Cara Kerja
Sistem rem belum bekerja
Sistem Rem I Hidraulis Bocor
Sistem rem II hidraulis bocor
Silinder Master Port Less
Bagian – bagiannya
Cara Kerja :
Saat belum bekerja
· Pegas torak mendorong torak sampai pada posisi pembatas
· Batang katup menatrik katup ke arah menjauhi saluran saluran pengisian terbuka
· Ruang kerja sislinder master berhubungan langsung dengan tabung persediaan cairan rem
Saat pedal rem diinjak
· Torak terdorong ke kiri oleh batang dorong pedal ke arah mendekati dasar sislinder
· Pegas katup pengisian mendorong katup ke arah saluran saluran pengisian tertutup tidak ada hubungan antara ruang kerja dengan tabung persediaan cairan rem
· Torak terus bergerak cairan rem mengalir ke silinder roda dan selanjutnya tekanan terbangun sesuai besarnya gaya injak kaki
Saat setelah pengereman
· Pedal rem dilepas injakan gaya dorong torak hilang pegas torak mendorong torak kearah posisi semula
· Jika telah sampai pada posisi pembatas katup pengisian tertarik saluran pengisian terbuka cairan rem dari tabung silinder masuk ke ruang kerja
Katup pengisian menutup : saat langkah tekan
Tekanan semakin besar katup pengisian menutup semakn rapat
Katup pengisian membuka : saat setelah torak kembali pada posisi pembatas
Jika terjadi endapan pada dasar tabung persediaan kerja katup terganggu silinder master tidak berfungsi