Sistem Kontrol Rem

Sistem kontrol berfungsi untuk mengetahui kebocoran pada sirkit rem hidraulis

Macam – macam sistem kontrol

  • Sistem torak dengan satu saklar
clip_image002

· Keadaan normal Bila kedua sirkit rem bekerja baik, tombol saklar bebas diantara torak kontrol dan lampu kontrol mati

· Sirkit satu bocor

Þ Tekanan cairan rem menekan

Þ torak kontrol ke kanan

Þ Tombol saklar di dorong torak

Þ kontrol ke bawah

Þ Lampu kontrol menyala

1. Torak kontrol

2. Tombol saklar

3. Saklar

4. Lampu

· Sirkit dua bocor

Þ Tekanan cairan rem menekan

Þ torak kontrol ke kiri

Þ Tombol saklar didorong torak

Þ kontrol ke bawah

Lampu kontrol mati

ss

  • Sistem Listrik Dengan Dua Saklar
clip_image002[11]

· Bila sistem rem hidraulis belum bekerja lampu mati

· Bila kedua sistem rem berfungsi lampu mati

Bila sistem rem berfungsi hanya satu lampu menyala

Saklar dan nama bagian - bagiannya

clip_image002[13]

1. Lengan kontak

2. Terminal negatif

3. Diagragma

4. Isolasi

Cara Kerja

Sistem rem belum bekerja

clip_image002[15]

· Lengan kontak menghubungkan terminal 82 dengan terminal negatif

· Lampu pengontrol mati

· Terminal 81 berhubungan dengan arus positif

· Terminal 82 berhubungan dengan terminal lampu

clip_image002[17]

· Tekanan hidraulis ada pada kedua saklar rem

· Kedua saklar dihubungkan dengan positif

· Lampu tidak menyala karena tidak dihubungkan dengan massa

 

Sistem Rem I Hidraulis Bocor

ss

Sistem rem II hidraulis bocor

ss

 

Silinder Master Port Less

ss

Bagian – bagiannya

ss

 

Cara Kerja :

Saat belum bekerja

ss

 

· Pegas torak mendorong torak sampai pada posisi pembatas

· Batang katup menatrik katup ke arah menjauhi saluran clip_image001saluran pengisian terbuka

· Ruang kerja sislinder master berhubungan langsung dengan tabung persediaan cairan rem

 

Saat pedal rem diinjak

ss

· Torak terdorong ke kiri oleh batang dorong pedal ke arah mendekati dasar sislinder

· Pegas katup pengisian mendorong katup ke arah saluran clip_image001[4]saluran pengisian tertutup tidak ada hubungan antara ruang kerja dengan tabung persediaan cairan rem

· Torak terus bergerak clip_image002[19]cairan rem mengalir ke silinder roda dan selanjutnya tekanan terbangun sesuai besarnya gaya injak kaki

 

Saat setelah pengereman

ss

· Pedal rem dilepas injakan clip_image002[21]gaya dorong torak hilang clip_image001[6]pegas torak mendorong torak kearah posisi semula

· Jika telah sampai pada posisi pembatas katup clip_image003pengisian tertarik clip_image004saluran pengisian terbuka clip_image002[22]cairan rem dari tabung silinder masuk ke ruang kerja

 

Katup pengisian menutup : saat langkah tekan

Tekanan semakin besar clip_image001[12] katup pengisian menutup semakn rapat

Katup pengisian membuka : saat setelah torak kembali pada posisi pembatas

Jika terjadi endapan pada dasar tabung persediaan clip_image001[12]kerja katup  clip_image001[12]terganggu clip_image001[12]silinder master tidak berfungsi