Sistem – Sistem Tambahan Pada Idle

1) Katup solenoid


· Masalah : pada motor panas bila kunci kontak dimatikan ( off ), campuran dari saluran idle masih terhisap sehingga bisa timbul pembakaran sendiri clip_image001[4]over slag


· Perbaikan : dengan cara menutup saluran idel


clip_image002



Cara kerja :


Kunci kontak on clip_image001[6]katub selenoid terbuka


Kunci kontak off clip_image002katub selenoid tertutup


2) Katup Termostatik


· Masalah : Jika karburator panas, bensin dalam ruang pelampung menguap, akibatnya campuran bertambah kaya (pada ventilasi intern)clip_image001[8]motor bisa mati


· Perbaikan : Memberi tambahan udara pada saluran masuk ( intake maniflod ) sesuai temperatur pada karburator



Karburator panas


image




  • Temperatur karburator diatas 600 C, pegas bimetal mengembang, katup terbuka

  • Udara dari saringan udara masuk kesaluran masuk


Karburator dingin


image


Temperatur karburator rendah, pegas bimetal menguncup / menyusut katup tetutup



3) Sistem Pemutus Perlambatan


Masalah : Jika mobil diperlambat dengan cara melepas gas, masih terjadi pengisapan bensin melalui sistem idleclip_image001[10]pemborosan bensin


Perbaikan : Memutuskan saluran idle pada saat terjadi perlambatan clip_image002[4]pemakaian bensin menjadi lebih irit » 10%


image


Cara kerja :
Jika katup gas tertutup ( sakelar vakum menerima vakum ) bersamaan dengan putaran motor lebih dari 2500 rpm, berarti perlambatan clip_image001[12]unit pengontrol memutuskan solenoid clip_image002[6]saluran idle tertutup


4) Sistem Idle Up



· Masalah :


Jika mobil dilengkapi AC, putaran idle turun bila AC dihidupkan


· Perbaikan :


Untuk mencegah motor mati karena penggunaan AC, dengan cara katup gas di buka sedikit dengan Idleup.


image


Cara kerja :


· AC ON katup pengatur terbuka.


· Membran terhisap oleh vakum pada saluran masuk clip_image001[14]batang penghubung membuka katup gas lebih besar.