1) Katup solenoid
· Masalah : pada motor panas bila kunci kontak dimatikan ( off ), campuran dari saluran idle masih terhisap sehingga bisa timbul pembakaran sendiri over slag
· Perbaikan : dengan cara menutup saluran idel
Cara kerja :
Kunci kontak on katub selenoid terbuka
Kunci kontak off katub selenoid tertutup
2) Katup Termostatik
· Masalah : Jika karburator panas, bensin dalam ruang pelampung menguap, akibatnya campuran bertambah kaya (pada ventilasi intern)motor bisa mati
· Perbaikan : Memberi tambahan udara pada saluran masuk ( intake maniflod ) sesuai temperatur pada karburator
Karburator panas
- Temperatur karburator diatas 600 C, pegas bimetal mengembang, katup terbuka
- Udara dari saringan udara masuk kesaluran masuk
Karburator dingin
Temperatur karburator rendah, pegas bimetal menguncup / menyusut katup tetutup
3) Sistem Pemutus Perlambatan
Masalah : Jika mobil diperlambat dengan cara melepas gas, masih terjadi pengisapan bensin melalui sistem idlepemborosan bensin
Perbaikan : Memutuskan saluran idle pada saat terjadi perlambatan pemakaian bensin menjadi lebih irit » 10%
Cara kerja :
Jika katup gas tertutup ( sakelar vakum menerima vakum ) bersamaan dengan putaran motor lebih dari 2500 rpm, berarti perlambatan unit pengontrol memutuskan solenoid saluran idle tertutup
4) Sistem Idle Up
· Masalah :
Jika mobil dilengkapi AC, putaran idle turun bila AC dihidupkan
· Perbaikan :
Untuk mencegah motor mati karena penggunaan AC, dengan cara katup gas di buka sedikit dengan Idleup.
Cara kerja :
· AC ON katup pengatur terbuka.
· Membran terhisap oleh vakum pada saluran masuk batang penghubung membuka katup gas lebih besar.