Mengontrol & Mendiagnosa Kerja Sistem AC

KESELAMATAN KERJA :


  • Selalu gunakan kaca mata dan sarung tangan pada waktu melepas slang manometer dari kedua katup / ventil pelayanan (servis velve).


  • Pada saat melepas slang manometer, freon akan tersemprot keluar, kemungkinan mengenai mata dan kulit.


  • Temperatur freon yang keluar tersebut sangat rendah (di bawah 0ºC) dapat menimbulkan luka seperti terbakar dan kejang otot.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Langkah kerja :

A. Mengontrol di dalam ruang kendaraan

image


  • Hidupkan sistem AC dengan putaran mesin di atas 2000 rpm, kontrol sirkulasi udara dingin pada setiap saluran. Periksa fungsi pengatur putaran motor blower.Hembusan udara dingin harus hampir merata pada setiap saluran.


image


  • Kontrol temperatur udara yang keluar dari saluran : sistem AC yang bekerja baik temperatur udara pada saluran evaporator 4 – 6 ºC dengan temperatur udara luar 30 - 35ºC



B. Mengontrol di ruang mesin


  • Periksa kekendoran sabuk ( V – belt ) antara roda puli kopling magnet kompresor dengan roda puli poros engkol.


  • Pemeriksaan dapat dilakukan dengan tangan.


  • Bila kekendoran sabuk sesuai spesifikasi, periksalah dengan menggunakan alat khusus seperti gambar. Setel sabuk menurut spesifikasi buku manual.


image

  • Periksa kebocoran oli pada poros kompresor dan pada sambungan sabungan instalasi pipa. Kebocoran oli pada poros kompresor akan terlihat di bagian bawah poros antara kopling magnet dengan kompresor, berwarna kuning dan kotor.


image


  • Lepas kompresor bila kebocoran oli dapat dipastikan dari poros kompresor- Kebocoran oli pada sambungan-sambungan juga akan terlihat berwarna kuning dan kotor. Kebocoran oli akan disertai dengan kebocoran freon.


image

  • Perbaiki dan keraskan sambungan yang bocor, pengerasan yang berlebihan mengakibatkan pipa jadi rusak/pecah.


image


  • Periksa kotoran yang menempel pada kisi-kisi kondensor.


  • Bila terdapat kotoran-kotoran bersihkan dengan semprotan air. Kotoran pada kondensor akan menghalangi pendinginan kondensor, akibatnya sistem AC terasa kurang dingin


image

  • Pasangkan slang manometer pada katup pelayanan tekanan rendah dan tekanan tinggi kompresor atau pada katup pelayanan tekanan tinggi saringan, buka kedua kran manometer.

  • Pada waktu sistem AC tidak bekerja, besar tekanan tinggi dan tekanan rendah harus sama.

  • Bila saluran tekanan tinggi tekanannya lebih tinggi dari saluran tekanan rendah hal ini berarti katup ekspansi selalu menutup.


clip_image002[4]


  • Hidupkan sistem AC dengan putaran mesin > 2000 rpm, lihat besar tekanan yang ditunjukkan oleh kedua manometer.


  • Sistem AC yang bekerja baik besar tekanannya harus :


1,5 - 2 bar (21 – 29 psi) pada saluran tekanan rendah

14,5 – 15 bar (200 – 213 psi) pada saluran tekanan tinggi


  • Bila dalam pengontrolan ini tekanan yang ditunjukkan manometer tidak sesuai dengan data di atas, maka pasti ada kesalahan-kesalahan yang terjadi pada sistem, untuk memastikan kesalahan itu lihat halaman 5 (Diagnosa dengan manometer).