Pengisian Zat Pendingin Pada AC part 2

a. Mengisi pada saluran tekanan tinggi

Untuk pekerja yang belum begitu berpengalaman, lebih baik mengisi freon pada tekanan tinggi, karena selama pengisian kompresor tidak bekerja menekan zat pendingin berbentuk cair.

· Tekanan freon pada tabung harus dinaikkan dengan cara memanaskan freon dalam alat pengisian khusus (charging station)

· Kran tekanan rendah ditutup, dan tekanan tinggi dibuka

· Tabung freon dibalik, agar yang masuk ke dalam sistem adalah freon cair.

Dengan cara ini katup dan bagian lain kompresor tidak bekerja berat karena cairan itu tidak akan kembali ke ruangan kompresor tapi terus mengalir ke kondensor.

 

image

b. Mengisi pada saluran rendah

Pengisian dilakukan pada saluran hisap (s) kompresor

· Kran tabung freon dibuka, kran saluran tekanan tinggi ditutup

· Kran tekanan rendah manometer dibuka sedikit/pelan-pelan saja agar freon yang masuk berupa gas, sesuai dengan keadaan freon yang masuk pada saluran hisap kompresor pada waktu sistem bekerja normal.

· Tabung freon tidak boleh dibalik karena tabung yang terbalik menyebabkan freon masuk berben-tuk cair akibatnya kompresor lebih cepat rusak.

Karena tekanan saluran hisap kompresor cukup rendah, maka pengisian pada saluran hisap ini lebih mudah dilakukan, tapi keamanan pada kompresor kurang terjamin

image

Supaya penuhnya pengisian zat pendingin ke dalam sistem dapat diketahui ada tiga cara yang dapat dilakukan :

  • Dengan melihat pada gelas/kaca kontrol saringan

image

· Sistem yang terisi penuh pada putaran mesin di atas 2000 rpm tidak akan terlihat gelembung – gelembung freon pada gelas kontrol

· Gelembung – gelembung freon, yang terlihat pada gelas kontrol menunjukkan pengisian yang kurang dan bila dilihat tekanannya dengan manometer maka akan terlihat tekanannya belum tercapai sesuai data (b)

  • Dengan manometer

image

Tekanan freon dalam sistem dapat dilihat pada manometer – manometer. Bila tekanan pada saluran tekanan rendah sudah menunjukkan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi), dan saluran tekanan tinggi 14,5 – 15 bar (200 – 213 psi), hal ini menunjukkan sistem sudah terisi penuh. Cara ini, dapat dilakukan bila kita sudah memastikan sistem AC bekerja normal

Kedua metode diatas lebih cepat dan praktis untuk dilakukan akan tetapi kita tidak dapat mengetahui berat/banyaknya freon yang diisikan dalam sistem

  • Mengisi sesuai dengan berat zat pendingin yang masuk ke dalam sistem menurut buku manual

Cara ini dilaksanakan bila ada ketentuan berat freon yang harus diisikan ke dalam sistem AC.

Yang paling sederhana cara ini dapat dilakukan seperti gambar 1, yaitu dengan mengukur berat tabung freon sebelum proses pengisian dilakukan, berat freon yang masuk ke dalam sistem dapat ditentukan dengan berkurangnya berat tabung freon.

Pada gambar 2 diperhatikan alat khusus pengisian (charging station) yang sudah mempunyai tabung skala untuk berat freon yang masuk ke dalam sistem, alat ini juga dilengkapi dengan manometer, sistem pemanas dan pompa vakum listrik.

image

Salah satu segi keuntungan dari cara ini adalah : kita dapat memastikan secara langsung harga freon yang diisikan karena freon yang dijual dari pabrik juga berbentuk satuan berat di dalam tabung silinder.