Prinsip Kerja Penguat Tenaga ( BOSTER ) Rem

   Saat bebas

machine repair 

  • Tidak ada gaya tekan pedal maka pegas rekasi mendorong katup pengendali ke arah katup udara menutup dan katup vakum membuka
  • Saluran vakum terbuka maka ruang A berhubungan dengan ruang B
  • Tekanan diruang A maka ruang B, tekanan seimbang ñ tidak ada rekasi gaya dorong torak
  • Pegas pengembali mampu menekan torak pada posisi belum bekerja

  Saat Direm

machine repair

  • Gaya pedal rem  clip_image001 pegas reaksi  machine repair katup vakum menutup saluran vakum  clip_image001 torak boster  clip_image001 batang dorong dan torak silinder master
  • Saat katup vakum menutupsaluran vakum  clip_image001 katup udara membuka saluran udara akibatnya ruang A tidak ada hubungan dengan ruang A
  • Ruang A berhubungan dengan tekanan vakum dan ruang B berhubungan dengan tekanan atmosfir ( udara ) clip_image001 PB>PA ada rekasi gaya dorong kearah torak silinder master ( boster bekerja )

Gaya Pengereman = Gaya dorong pedal + Torak Boster

  Saat Pedal Rem Lepas Injakan

machine repair

  • Jika tidak ada gaya dorong pedal, pegas katup pengendali mendorong katup pengendali ke arah katup udara menutup udara sehingga saluran vakum
  • Ruang A berhubungan dengan ruang A kembali , ruang B = ruang A = tekanan vakumclip_image001[4] reaksi gaya dorong torak hilang karena tekanan di depan dan dibelakang torak seimbang
  • Pegas pengembali torak boster terus mendorong pada posisi tidak direm
  • Jika melepas injakannya sedikit ( saat pedal rem ditekan ), gerakan kembali katup pengendali terhenti dan  torak terus bergerak hingga saluran vakum tertutup lagi ruang B kembali berhubungan dengan tekanan atmostfir è tekanan ke torak silinder master dipertahankan sesuai kehendak sopir