Sistem cuk (choke)

Kegunaan :

  • Memberi bensin tambahan saat start dingin sehingga motor mudah dihidupkan.
  • Membuka katup gas sedikit lebih besar, supaya motor dingin tidak mati pada keadaan idel

Komponen pada cuk :

cuk machine repair

1.Kabel cuk    2. Tuas cuk    3. Katup cuk    4. Batang penghubung   5. Sekrup penyetel start dingin 

6. Tuas katup 7. Katup gas 8. Kabel gas

Cara Kerja Sistem Cuk Biasa

1.  Start dingin ( katup cuk ditutup )

choke machine repair 

Vakum mencapai nosel utama, maka : banyak bensin terhisap dan motor mulai hidup.  Batang penghubung membuka katup gas lebih besar, maka : Putaran start dingin lebih tinggi dari pada idle ( » 1500 rpm)

2. Motor hidup, tetapi motor masih dingin

image

Penambahan bensin harus dikurangi, maka: katup cuk ½ terbuka Batang penghubung masih membuka katup gas sedikit, maka: putaran motor masih sedikit lebih besar dari pada idle ( » 1000 rpm )Hal tersebut mencegah motor mati, karena banjir.