Penyetelan Putaran Idle Tanpa Alat (Stasioner)

Sebelum menyetel idle, kontrol saat pengapian, celah katup, sistem ventilasi karter dan saringan udara. Sewaktu penyetelan, kendaraan harus pada temperatur kerja, tetapi jangan terlalu panas. Penyetelan campuran idle harus dilaksanakan saat saringan udara terpasang.

LANGKAH KERJA

  • Pasang takhometer, hidupkan motor
  • Bandingkan rpm idle dengan spesifikasi (biasanya 750-850rpm). Jika salah, stel rpm pada sekrup penyetel katup gas yang terpasang pada mekanisme katup gas. Sekrup penyetel katup gas jangan tertukar dengan sekrup penyetel putaran start dingin yang terletak pada mekanisme cuk.

image

  • Stel campuran idle dengan sekrup penyetel yang terletak pada rumah katup gas.

Cara menyetel campuran idle tanpa pengetes gas buang

Perbandingan campuran mempengaruhi putaran idle. Berdasarkan pengaruh tersebut kita bisa menyetel campuran yang sesuai

Langkah penyetelan :

  • Sekrup penyetel diputar ke arah luar, sampai putaran motor mulai turun. (Titik 1 pada diagram).
  • Kemudian, sekrup penyetel diputar ke arah dalam, sampai putaran motor mulai turun. (Titik 2 pada diagram)

Untuk tahap ini, putar sekrup penyetel tahap demi tahap dengan ½ putaran. Setiap ½ putaran, tunggu sedikit dan perhatikan reaksi pada motor.Pada saat terdengar / terasa* putaran mulai turun, kendorkan sekrup penyetel » ½ putaran untuk mendapat penyetelan campuran yang benar.

  • Jika setelah penyetelan campuran, tinggi putaran tidak sesuai, penyetelan katup gas dan penyetelan campuran perlu diulangi.

image

Note : Jangan menyetel idle pada saat motor sangat panas.

Karburator sering dilengkapi dengan katup termostatik, yang terbuka saat temperatur karburator di atas » 500 C. Pada saat terbuka, katup tersebut mengalirkan udara tambahan ke saluran masuk, sehingga campuran menjadi lebih kurus. Oleh karena itu, penyetelan idle tidak boleh dilakukan, jika motor terlalu panas.

Katup termostatik (Kijang) pada saat terbuka :

clip_image002

Penyetelan campuran idle yang terlalu kaya mengakibatkan pemakaian bahan bakar menjadi boros. Penyetelan campuran idle yang terlalu kurus mengakibatkan motor hidup tersendat-sendat pada idle dan pada beban rendah. (Beban rendah : katup gas hanya terbuka sedikit). Bila campuran idle distel dengan baik, pada saat motor dingin perlu menggunakan cuk selama ± 1 menit. Jika penggunaan cuk tidak perlu, berarti bahwa campuran idle terlalu kaya.