Cara Kerja Pesawat Telepon

Cara Kerja Pesawat Telepon

Kebanyakan telepon (telepon rumah) memakai peralatan elektromekanik. Sebuah telepon berisi rangkaian dialer, yaitu rangkaian untuk menghubungi sentral, biasanya berupa pulsa-pulsa dekadik atau pulsa DTMF (dual tone multi fre­quency), rangkaian tone ringer (berupa bel), dan rangkaian bicara (speech circuit).

Pada telepon-telepon konvensional semua peralatan-peralatan tadi masih merupakan rangkaian elektromekanik. Rangkaian dialer bisa berupa piringan putar. Rangkaian bel menggambarkan rangkaian bel listrik. Rangkaian bicara memakai trafo anti side tone. Telepon elektronik karena hanya berisikan kom­ponen elektronik sehingga rangkaian lebih sedikit dan fleksibel.

clip image0024 thumb9 Cara Kerja Pesawat Telepon

a) Dialer

Dialer pada pesawat telepon digunakan untuk melakukan pendialan atau pemanggilan terhadapa pesawat yang akan dihubungi. Ada dua jenis sinyal dialer yang dipakai sesuai dengan sentral teleponnya yaitu:

(1) Dekadik

(2) DTMF (Dual Tone Multy Frequency)

b) Ringer

Rangkaian ringer akan berfungsi bila kondisi hook pesawat telepon dalam keadaan on.

a) Rangkaian Suara (Speech circuit)

clip image002 thumb25 Cara Kerja Pesawat Telepon
Rangkaian yang berfungsi mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik pada mikropon dan mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara pada speaker.