Cara Penyetelan Katup Mobil

Penyetelan katup tidak diperlukan pada semua engine. Banyak engine dilengkapidengan penumbuk hidrolik dan tidak perlu distel. Katup dengan penumbuk hidrolik akan menyetel dengan sendirinya.Bila engine dilengkapi dengan mekanisme penyetel katup memerlukan penyetelan setelah kapala silinder dikencangkan ulang. Ini dikarenakan ketika kepala silinder dikencangkan ulang gasket kepala silinder terpencet dan kepala silinder lebih merapatterhadap blok, sehingga celah katup akan berubah.Lihat gambar 7 yang menunjukkan komponen-komponen utama sebuah rangkaiandengan poros kam diatas kepala silinder (OHC =Over head Camshaft).


Cara:

Sebelum menyetel celah katup temukan dulu spesifikasinya dan urutan pengapiandari buku manual.Ikuti prosedur pada buku manual untuk menyetel katup.Cara sederhana dari penyetelan katup adalah, tulis urutan pengapian dan batasi padatengah-tengahnya. Misal: 13/42. Karena putaran engine menaikan dan menurunkanpiston no 1 dan no 4 secara bersama.Pada saat sil 1 dan 4 dititik mati atas, Salah satu piston sedang melakukan akhir langkah kompresi dan piston yang lain akhir langkah buang dan awal langkah isap.Setel katup-katup pada silinder yang sedang kompresi yang mana kedua katupnyapada posisi menutup.Teruskan dengan memutar engine searah putaran kerja engine, perhatikan katup-katup pada silinder pada silinder selanjutnya yang katup buangnya akhir meutup dankatup masuknnya mulai membuka. Setel katup silinder yang berlawanan.

Lakukan lagi pemutaran sampai semua katup tersetel. Setelah semua katup tersetelperiksa kondisi rantai timming atau sabuk timming dan ganti jika retak atau tercemarioli.Sabuk timming dan rantai timming diperiksa dengan seksama dan setel sesuaispesifikasi manual pabrik, yakinkan untuk perawatan engine cukup lama.Kencangkan tutup tapet, star engine beri waktu engine menjadi panas sampaitemperatur kerja, periksa kebocoran oli dan cairan pendingin. Jika tidak adakebocoran berarti servis kepala silinder telah lengkap