Karburator Sepeda Motor Injeksi

Pada Karburator sepeda motor dengan sistem injeksi, di throtle body terdapat beberapa sensor, diantaranya



IAT ( intake air temperatur ) sensor, yang berfungsi untuk mengukur suhu udara yang masuk ke throtle body.

MAP (manifold absolute preasure), berfungsi untuk mendeteksi tekanan udara yang masuk ke throtle body

TP (throtle position sensor). berfungsi mendeteksi seberapa pembukaan katup gasnya

 

Dari ketiga sensor ini akan memberi masukan kepada ECU untuk selanjutnya ECU akan menentukan seberapa jumlah bahan bakar yang harus di injeksikan. sehingga nantinya diharapakan mendekati campuran ideal.

 

Mengapa perlu sensor suhu uadara ? ini diperlukan karena kerapatan udara saat dingin dan saat panas berbeda, sehingga jumlah udara panas dan dingin yang masuk ke ruang bakar akan berbeda. untuk itu ECU perlu mengetahui suhu udara yang masuk, agar nantinya jumlah bensin yang disemprotkan sesuia dengan jumlah udara yang masuk.

Mengapa perlu MAP, jelas disini map mengukur jumlah udara yang masuk berdasarkan tekanan udara. ini type injeksi jenis D-jetronik. EFI type D atau sering dikatakan D Jetronik yaitu merk dagang dari Bosch. Huruf D singkatan dari Druck (bahasa Jerman) yang berarti tekanan, sedang Jetronic berarti penginjeksian(injection).



pada saat kita berkendara di jalan menanjak, atau beban berat, kita akan membuka gas agak banyak, otomatis katup gas juga membuka lebih, padahal kita tidak sedang berjalan kencang.

kondisi ini berbeda dengan saat kita berjalan kencang di jalan lurus, tentunya pembukaan gas tidak sebanyak jika kita berjalan lambat dengan beban penuh. Hal ini yang perlu di control.



 

ketiga sensor ini akan memberi masukan kepada ECU tentang kondisi suhu, kondisi beban mesin, untuk selanjutnya ECU akan menentukan seberapa jumlah bahan bakar yang harus di injeksikan. sehingga nantinya diharapakan mendekati campuran ideal.