Klasifikasi Kwalitas Oli

Klasifikasi Kwalitas

Kualitas oli mesin dilkasifikasikan sesuai dengan standar API (American Petroleum Institut) dan dites dengan cara API. Klasifikasi API biasanya tercantum pada masing-masing kemasan oli mesin untuk menambahkan tingkatan SAE sehingga pemilihan akan lebih mudah bila dilihat dari perbandingan kondisi pengoperasian kendaraan.

Klasifikasi Oli Mesin untuk mesin bensin
































Klasifikasi API



PENGGUNAAN DAN KUALITAS OLI



SA


Minyak murni tanpa bahan tambah (additive)

SB


Digunakan untuk mesin operasi ringan yang mengandung sedikit sedikit jumlah anti oxidant

SC


Oli yang mengandung detergent-despersent, anti-oxidant, dll

SD


Digunakan untuk mesin operasi dengan temperature tinggi atau kondisi lainnya yang mengandung detergent, dispersant, resisting agent, antioxidant, dll

SE


Digunakan untuk mesim sedang dengan kandungannya lebih banyak dari detergent dispersant, resisting agent, anti oxidant dan lain-lain.

SF


Tingkat olinya tinggi dengan pemakaian resistance dan daya tahan paling baik.

 Klasifikasi API untuk oli mesin Diesel

Mesin Diesel mempunyai kompresi yang sangat tinggi dan tekanan pembakaran didalamnya besar serta membutuhkan tenaga yang besar untuk dipakai menggerakkan komponen-komponennya. Oleh karena itu oli mesin pada mesin diesel lapisan untuk oli film yang dibentuk harus lebih kuat. Bahan bakar diesel mengandung sulfur bereaksi menjadi asam belerang akibat pembakaran. Reaksi kimia ini menguap di dalam mesin menjadi asam belerang. Oli mesin mempunyai daya/kekuatan untuk menetralisir asam ini dengan baik dan tenaga detergent dispersant yang baik akan mencegah timbulnya jelaga didalam mesin.

Klasifikasi Oli Mesin untuk mesin Diesel
























Klasifikasi API



Pengunaan dan Kualitas OLi



CA


Digunakan untuk mesin diesel operasi beban ringan yang mengandung detergent-dispersent, anti –oxidant, dll

CB


Digunakan untuk mesin diesel operasi beban sedang dengan bahan bakar kualitas rendah. Yang mengandung detergent dispersant, anti-oxidant, dll

CC


Mengandung sejumlah besar detergent-dispersent, anti-oxidant, dll. Dapat digunakan dalam mesin diesel turbo charged dan dapat juga dalam mesin bensin dengan pelayanan temperature sedang.

CD


Digunakan untuk mesin diesel turbocharged dengan mengandung sulfur solar kecil.Sedangkankan kandungan detergent dispersant dalam jumlah besar.