Memiilih Body Kit Sesuai Karakter Mobil

Bosan dengan tampilan standar mobil? Ada beragam cara untuk membuatnya jadi lebih segar dan menarik perhatian. Salah satunya, menambahkan body kit. "Paling mudah dan biayanya terjangkau, ya pasang model tempelan (add-on) saja. Tapi harus disesuaikan dengan karakter modifikasi yang diinginkan," kata Edwin dari Bengkel Autosport. Lebih pas lagi senada dengan karakter mobilnya (sport atau elegan). Nah, berikut ulasan singkat memilihnya.

1. Tentukan dulu aliran mana yang dipilih dan sebisa mungkin sejalan dengan karakter mobil.

2. Pastikan bahannya terbuat dari serat kaca yang fleksibel sehingga tak mudah pecah. Lebih baik lagi kalau terbuat dari plastik, tapi biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal. Lain halnya jika membeli di distributor aftermarket resmi merek ternama (Mugen, TRD, Ralliart, Modulo, Brabus dan Alpina) karena sudah pasti bagus dan punya garansi minimal 6 bulan. Biasanya garansi meliputi kondisi cat dan permukaan yang tiba-tiba melengkung.

3. Meskipun model tempelan dan bentuknya sederhana namun memiliki beragam pilihan dan juga karakter. "Kecenderungannya, gaya sporty itu memiliki sudut yang tajam dan kaku serta tarikan garisnya juga patah-patah. Ciri lainnya adalah adanya penambahan lubang angin (air scoop). Sementara yang elegan cenderung lebih membulat (rounded) dan tarikan garisnya halus," papar pemilik bengkel yang berlokasi di BSD City, Tangerang Selatan itu.

4. Setelah menemukan yang cocok, coba pasang dulu apakah sesuai dengan ekspektasi. Langkah ini juga bisa dipakai untuk memastikan bahwa body kit tersebut memang untuk merek dan tipe mobil Anda. Dengan begitu tidak perlu tahap penyesuaikan lagi dengan lekukan yang ada.

5. Biasanya pembelian sudah termasuk ongkos cat dan pasang. Sampaikan merek dan tipe cat yang digunakan agar tidak belang.

6. Agar lebih kuat, penempelan bisa menggunakan sekrup. Namun jika tidak ingin merusak, bisa memakai isolasi 2 sisi. Pastikan daya rekatnya bagus dan tidak mengelupas permukaan cat.