Dengan VNT Fortuner 40% Lebih Bertenaga
Fortuner yang menggunakan mesin diesel dengan Variable Nozzle Turbocharger (VNT), sejak awal Agustus ini sudah dijajakan oleh para wiaraniaga Auto2000. Bahkan spesifikasi dan harga terbaru pun dirilis secara on-line. Termasuk perubahan, misalnya kap mesin baru (dilengkapi dengan duct lubang udara).
Sementara itu, semalam Jodjana Jody, CEO Auto 2000 mengatakan tenaga Fortuner baru dengan VNT, tenaga naik cukup besar. “Karena itu pula harganya naik,” jelasnya pada acara bukber dengan wartawan semalam di Hotel Mulia, Jakarta.
Berdasarkan “iklan” yang disebarkan wiraniaga Auto2000, Grand New Fortuner dengan mesin diesel VNT, tenaga naik menjadi 142 PS. Dibandingkan dengan mesin lama, tenaga ini naik sampai 40 persen atau menjadi 142 PS. Di Thailand, untuk mesin yang sama, malah naik menjadi 144 PS.
Torsi juga naik dari 260 NM (26,5 kgm) menjadi 343 Nm (35 kgm) atau 32 persen. Dengan menggunakan teknologi injeksi langsung dan “common rail”, mesin 2KD-FTV standar emisinya diklaim mencapai Euro3
Torsi juga naik dari 260 NM (26,5 kgm) menjadi 343 Nm (35 kgm) atau 32 persen. Dengan menggunakan teknologi injeksi langsung dan “common rail”, mesin 2KD-FTV standar emisinya diklaim mencapai Euro3
Hal yang menarik dari mesin dengan mesin diesel VNT ini, tenaga dan torsi yang lebih besar diperoleh pada putaran lebih rendah. Alhasilnya, konsumsi bakarnya juga diklaim lebih irit! Begitu juga dengan akselerasinya (lihat tabel).
Kompetitor
Kendati demikian, dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, Mitsubishi Pajero, yang juga menggunakan VNT atau turbocharger dengan sudu-sudu atau daun baling-baling yang bisa berubah sudut, Grand New Fortuner masih kalah.
Pajero Sport Dakar yag menggunakan mesin diesel VNT – juga 2.5 liter - menghasilkan tenaga 178 PS (131 kW) @4.000 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm @1.800 – 3.500 rpm). Hanya paa Pajero Sport Dakar, tenaga dan torsi maksimum diperoleh pada putaran leih tinggi.
Kendati demikian, dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, Mitsubishi Pajero, yang juga menggunakan VNT atau turbocharger dengan sudu-sudu atau daun baling-baling yang bisa berubah sudut, Grand New Fortuner masih kalah.
Pajero Sport Dakar yag menggunakan mesin diesel VNT – juga 2.5 liter - menghasilkan tenaga 178 PS (131 kW) @4.000 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm @1.800 – 3.500 rpm). Hanya paa Pajero Sport Dakar, tenaga dan torsi maksimum diperoleh pada putaran leih tinggi.
Malah dibandingikan dengan mesin diesel Chevrolet Trailbalzer yang akan dipasarkan General Motors Indonesia akhir tahun, Grand New Fortuner masih kalah sedikit. Chevy Trailblazer tenaga maksimumnya 150 PS (110 PS) @3.800 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm) @ 2.300 rpm.