Kerusakan Central Lock

Kerusakan Central Lock


Kita sebaiknya Mengetahui penyebab kerusakan central lock – Hampir semua mobil sekarang sudah dilengkapi dengan central lock. Sedangkan mobil keluaran baru pasti sudah dilengkapi dengan central lock dari pabrikan. Cental lock setelah bertahun-tahun bekerja tentunya pasti ada waktunya ketika central lock tersebut mengalami kerusakan. Central lock pintu tidak bekerja ketika menggunakan remote,tetapi lampu blink dan sirine bunyi ketika tombol remote untuk membuka dan menutup pintu mobil di tekan,apa masalahnya ya? Jadi Kira-kira itu pertanyaan dan bagaimana mengetaui penyebab kerusakan central lock yang sudah terintegrasi dengan remote, komponen mana yang tidak bekerja.


Ketika tombol remote untuk buka tutup pintu di tekan lampu blink atau lampu sein nyala, suara atau bunyi alarm juga terdengar,tetapi central lock tidak bekerja atau macet berikut cara mengetahui penyebabnya kerusakan central lock.

tips mengetahui penyebab kerusakan central lock :

Pertama, periksa secara manual apakah lock pintu bekerja dengan cara manual tanpa remote, jika tidak bekerja coba cek sekring central door lock di samping pedal gas terdapat rumah sekring central door lock.
Kedua,Jika dengan cara manual tanpa menggunakan remote dengan menarik tuas lock pintu ternyata central door lock bekerja tetapi dengan remote tidak mau bekerja,kemungkinan kerusakan terjadi di motor central lock atau modul remote yang tidak mengeluarkan tegangan listrik untuk menggerakkan motor central door lock.

Kedua, untuk lebih jelasnya periksa apakah terdapat tegangan listrik di antara dua kabel motor central lock ketika remote untuk buka atau tutup pintu di tekan. Jika terdapat perbedaan tegangan listrik tetapi motor central lock tidak bekerja artinya motor central lock rusak. Jika tidak terdapat perbedaan tegangan ketika tombol buka tutup pintu pada remote di tekan artinya relay di modul remote yang rusak.

Tetapi biasanya komponen yang sering mengalami kerusakan adalah komponen beban dalam hal ini adalah motor central lock, gejala awalnya pun mudah untuk di amati, ketika tombol buka tutup pintu pada remote di tekan, rasakan terdapat getaran atau bunyi di pintu depan kanan mobil tetapi central lock tidak naik dan tidak turun atau central lock macet.

Cara Mengganti Motor Central Lock :
Setelah di ketahui penyebab central lock macet karena motor central lock yang rusak, selanjutnya adalah mengganti motor central lock tersebut. Mungkin tidak ada masalah jika ada motor central lock yang asli. Tetapi jika mengganti dengan motor lock pintu yang umum dan banyak di jual di toko spare part, harus memodifikasi dengan sedikit memotong dan merubah lekukan kawat untuk mendorong dan menarik lock pintu serta mengganti pegangan motor locknya.

Demikian cara mengetahui penyebab kerusakan central lock, dan cara mengganti motor central lock, baca juga mendeteksi kerusakan ac mobil, semoga bermanfaat.