Sepeda motor injeksi Lebih irit
Sementara, belakangan ini motor berteknologi karburator mulai ditinggalkan, terlebih karena dinilai tidak ramah lingkungan. sehingga daripada berspekulasi, lebih baik kita cari tahu apa sebenarnya beda karburator dengan sistem injeksi.
Menurut beberapa artikel teknik, sistem pembakaran pada mesin sangat tergantung pada dua hal yaitu suplai bahan bakar dan udara. Suplai bahan bakar dan udara ini adalah berasal dari karburator atau sistem injeksi. Jadi tugas dari karburator atau injeksi ialah mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian langsung menyalurkannya kedalam ruang bakar.
Bedanya hanyalah pada proses penghisapan bensin menuju ruang bakar. Sedangkan sistem injeksi, sudah mempergunakan peranti elektronik seperti injektor, yang tidak lain tugasnya adalah menyemprotkan bensin ke ruang bakar. Tidak seperti karburator yang hanya masih mengandalkan hisapan yang didapat dari pergerakan piston di silinder.
Bagusnya lagi, pada sistem injeksi bisa menyeimbangkan besar volume bensin yang akan disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga akan didapat hasil pembakaran yang lebih efisien. Pada motor dengan sistem injeksi seperti honda, bensin yang disemprotkan selalu akurat karena telah dikontrol oleh sensor elektronik di mesin. Bahasa terkenalnya ECU. Seperti sensor RPM, dimana jumlah udara masuk, posisi katup gas, hingga kondisi cuaca menjadi jauh lebih efisien.
Sedangkan pada karburator, bensin tersebut disedot dengan pergerakan naik-turun piston, sehingga berapa volume bensin yang akan dikeluarkan, tergantung dari pergerakan piston tadi. Sementara setingan banyaknya bensin dan udara yang menuju ruang bakar sangat tergantung dari diameter lubang karburator, ukuran besarnya pilot dan main jet, juga baut setelan angin dan bensin.
Kelebihan pada sepeda motor dengan sistem injeksi, karena sudah mempergunakan peranti elektronik, maka volume bensin yang masuk menuju ruang bakar sudah presisi, sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan, karena sistem pembakaran akan selalu sempurna.
Saat melakukan servis sebenarnya jauh lebih sederhana pada sepeda motor sistem injeksi. Cukup hanya dengan membuka saringan udara, kemudian dibersihkan. Sementara pada karburator, dalam melakukan servis harus membongkar badan karburator untuk membersihkannya.
Intinya adalah karburator dengan sistem injeksi sebenarnya hanyalah berbeda pada cara mengalirkan bensin menuju ruang bakar. Kalau pada karburator masih manual, sementara pada sistem injeksi, elektronik yang mengaturnya, dan bensin tidak lagi hanya di alirkan, melainkan disemprot dengan takaran yang telah diatur peranti elektronik.
Jadi, buat teman-teman yang ingin menggunakan sepeda motor dengan teknologi injeksi, jangan ragu lagi. karena justru dengan sistem injeksi, maka perawatan jadi lebih sederhana karena semua telah diatur oleh perangkat elektronik, efisien, dan ramah lingkungan karena sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma honda.