Chevrolet mulai masuk pasar MPV
Setelah menjalani debut di Asia Tenggara, mobil multi-purpose vehicle (MPV) Chevrolet Spin diperkenalkan di pasar Brasil dan Amerika Selatan dalam ajang Sao Paulo International Motor Show (SPIMS) 2012 kemarin.
Kendaraan tujuh penumpang itu untuk kali pertama diperkenalkan dalam event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 bulan lalu. Rencananya, Chevrolet Spin dijual di Indonesia, Thailand, Filipina, dan Brasil mulai 2013.
"Chevrolet menjadikan Spin sebagai sebuah tambahan line-up penting yang akan meningkatkan angka penjualan. Khususnya pada pasar-pasar dengan permintaan compact MPV seperti Spin yang terus meningkat," tutur Laurent Berthet, director of communications Southeast Asia General Motors yang berbasis di Thailand.
Spin yang dirancang dan didesain di Brasil memang khusus dibuat untuk negara berkembang seperti Indonesia yang gemar membeli mobil yang bisa mengangkut banyak penumpang. Untuk pasar tanah air, Spin bakal diproduksi di dalam negeri di pabrik milik General Motors (GM) di Bekasi. Di segmen yang sama dengan Spin, duet Toyota Avanza-Daihatsu Xenia serta pendatang baru Suzuki Ertiga telah menghuni.
Selain Spin, dalam event tersebut, Chevrolet memperkenalkan sejumlah mobil anyar. Salah satu yang menyedot banyak perhatian adalah Onix. Mobil yang dipasang di segmen menengah bawah itu bakal diluncurkan ke pasar negara-negara berkembang yang mulai dijejali kendaraan murah buatan Jepang, India, dan Korea. Untuk sementara, Onix hanya dipasarkan di Brasil dan Amerika Selatan.
"Onix menggabungkan tiga aspek sekaligus. Yakni, harga yang terjangkau, fungsi yang mumpuni, dan desain yang cantik," kata CEO GM Dan Akerson.
Di Brasil, mobil yang menggendong dua pilihan mesin 1.000 cc dan 1.400 cc itu akan bersaing di kelas low car seperti Toyota Etios. Yang membedakan dari kompetitor, Onix bisa meminum bahan bakar etanol atau campuran bensin dan etanol yang dijual bebas di SPBU Brasil.
Sao Paulo International Motor Show (SPIMS) tahun ini memasuki perhelatan ke-27. Total ada 49 pabrikan yang berpartisipasi dengan lebih dari 500 mobil yang ditampilkan. Setelah press day pada 22-23 Oktober, pameran otomotif terbesar di Amerika Selatan itu dibuka untuk umum pada 24 Oktober sampai 4 November 2012.
Menempati lahan seluas 2.750 meter persegi, paviliun Chevrolet yang bertema Journey of Life didesain dalam bentuk pohon kehidupan dengan lima cabang yang mewakili konsumen dengan kategori yang berbeda. Yakni, mewah, keluarga, anak muda, utilitas, dan desain.
Chevrolet mulai masuk pasar MPV
Langganan:
Posting Komentar (Atom)