Selamat Tinggal Karburator -- Honda

Saat ini teknlogi injeksi sudah tertanam pada produk-prduk AHM seperti CBR250R, CBR150R, CB150R StreetFire, PCX150, Verza 150, Supra X 125 Helm in PGM-FI, Vario 125 PGM-FI, Spacy FI, All New Honda BeAT FI, New Honda Scoopy FI, dan Vario 125 CBS Idling Stop.

Komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menyempurnakan produk terus dilakukan tanpa henti. Terobosan fenomenal dari AHM adalah penerapan teknologi injeksi pertama di Indonesia untuk sepeda motor ber-cc kecil di tahun 2005 melalui produk Supra-X PGM-FI.

Thomas Wijaya, GM Divisi Penjualan AHM menegsakan bahwa sebenarnya tujuan AHM menggunakan teknologi injeksi pada sepeda motor produksinya adalah untuk mengikuti keputusan pemerintah yang menerapkan aturan emisi berstandar Euro 3.

Menurutnya hal itu sulit dicapai dengan mengandalkan teknologi karburator. "Hal ini hanya bisa terpenuhi dengan menerapkan teknologi injeksi," ujar Thomas di Pulau Umang, Pandeglang, Banten, Jumat (13/12).

Tahun depan, secara bertahap AHM mulai mengurangi penggunaan sistem karburator. Thomas  juga menambahkan bahwa pada tahun 2015 nanti, seluruh produk sepeda motor yang dijual oleh AHM telah menggunakan sistem injeksi yang lebih ramah lingkungan dan lebih efisien bahan bakar.

Tidak sampai di situ saja, AHM juga memperkenalkan sederet teknologi canggih pada produk domestik. Salah satunya adalah Idling Stop System (ISS) yang diperkenallkan pada Vario 125 CBS yang membuat konsumsi bahan bakar mejadi jauh lebih irit lagi.

Teknologi ISS akan mematikan mesin ketika motor berhenti lebih dari 3 detik. Pengendara hanya perlu memutar grip gas untuk menghidupkannya lagi. Sebelummnya teknologi ini telah diterapkan pada skutik premium Honda PCX150.

Teknologi yang merupakan turunan dari PCX150 adalah eSP engine (Enhanced Smart Power), yang memiliki teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter yang memberikan kenyamanan terbaik di kelasnya karena membuatnya lebih halus saat dinyalakan.

AHM sebelumnya juga telah merilis fitur keselamatan terbaik seperti Combi Brake System untuk menambah performa pengereman. Saat tuas rem ditarik maka gaya pengereman tidak hanya didistribusikan ke roda belakang, namun sebagian juga didistribusikan ke roda depan.

Teknologi pengereman yang lebih canggih tersedia pada Honda CBR250R yang dilengkapi dengan Combine ABS. Teknologi ini memadukan sistem pengereman ABS dengan Combi-Brake sehingga selain pengereman lebih sempurna dan nyaman, dan mencegah roda terkunci.

 

 

 

 

 

cbn