Mazda Kembangkan Mesin SkyActiv 2 dan SkyActiv 3

Mazda Kembangkan Mesin SkyActiv 2 dan SkyActiv 3

Mesin SkyActiv 2 menggunakan teknologi HCCI (homogeneous charge compression ignition) yang memungkinkan pembakaran bahan bakar lebih sempurna dengan emisi nitrogen oxida (NOx) yang lebih rendah.

Saat ini dunia otomotif terus mengejar masa depan yang lebih hijau, oleh karena itu wajar jika para produsen mobil terus mengembangkan mesin untuk bisa lebih efisien bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Salah satunya adalah produsen mobil Mazda Jepang yang memiliki rencana-rencana besar untuk mesin-mesin generasi terbarunya. Produsen mobil asal Hiroshima ini nampaknya tengah menyiapkan mesin baru mereka yang dinamai SkyActiv 2 untuk tahun 2020.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) dengan cara meningkatkan rasio kompresinya hingga 18:1 yang diyakini akan menghasilkan efisiensi bahan bakar 30% lebih baik.

Menurut Mitsuo Hitomi, eksekutif Mazda yang bertanggung jawab terhadap pengembangan powertrain, hal itu bisa dicapai 'melalui pembakaran yang kurus'.

Bahkan Hitomi memiliki rencana untuk melanjutkan pengembangan mesin ini menjadi SkyActiv 3 di masa depan. Tujuannya saat itu untuk mencapai sebuah mesin yang dapat bekerja jauh lebih optimal dengan emisi CO2 setara kendaraan listrik.

Dengan kata lain, Mazda masih menaruh harapan yang sangat besar terhadap mesin berbahan bakar fosil di saat produsen lain melirik sumber pembangkit daya alternatif.

Demikian berita dari Mazda---semoga bermanfaat

Mazda Kembangkan Mesin SkyActiv 2 dan SkyActiv 3