Bagian karburator dan tugasnya Katup gas ( Throtle valve )Bertugas mengatur jumlah campuran yang masuk pada motor.
Ruang pencampur, Venturi, Pipa pengabut / Nozle Mencampur bensin dan udara sehingga terjadi pengabutan yang halus
Bertugas membentuk perbadingan campuran yang sesuai sehingga membentuk daya motor tinggi dan pemakaian bahan bakar irit
Jenis karburator berdasarkan arah arus
- Karburator arus turun ---> Digunakan pada kebanyakan mobil
- Karburator arus naik ---> Dipakai pada mobil – mobil tua
- Karburator arus mendatar ---> Digunakan pada kebanyakan sepeda motor
Jenis – jenis Venturi pada karburator
- Venturi tetap
Kecepatan udara pada venturi tergantung besarnya aliran udara
Venturi – venturi sekunder dapat memperbaiki kualitas pengabutan ( homogenitas campuran )
- Venturi variabel
Celah torak sebagai ruang venturi Gerak turun naik torak diatur secara automatis agar kecepatan udara pada celah torak konstan
Jumlah ruang pencampur pada karburator
- Satu ruang pencampur ---> Untuk motor kecil / sederhana
- Dua ruang pencampur ---> Untuk kebanyakan motor mobil
- Empat ruang pencampur ---> Digunakan untuk motor bersilinder 6,8 ddan 12
Otomotif Sistem Dasar Karburator 2