Otomotif Sistem Dasar Karburator 2

Otomotif Sistem Dasar Karburator 2
Bagian karburator dan tugasnya Katup gas ( Throtle valve )Bertugas mengatur jumlah campuran yang masuk pada motor.
Ruang pencampur, Venturi, Pipa pengabut / Nozle Mencampur bensin dan udara sehingga terjadi pengabutan yang halus
Sistem idle , Sistem utama , Sistem pelampung , Sistem percepatan , Sistem pengaya , Sistem cuk
Bertugas membentuk perbadingan campuran yang sesuai sehingga membentuk daya motor tinggi dan pemakaian bahan bakar irit

Jenis karburator berdasarkan arah arus
  • Karburator arus turun ---> Digunakan pada kebanyakan mobil
image
  • Karburator arus naik ---> Dipakai pada mobil – mobil tua
image
  • Karburator arus mendatar ---> Digunakan pada kebanyakan sepeda motor
image

Jenis – jenis Venturi pada karburator

  • Venturi tetap
a) Satu venturi b) Satu venturi dengan venturi – venturi sekunder
a
Kecepatan udara pada venturi tergantung besarnya aliran udara
Venturi – venturi sekunder dapat memperbaiki kualitas pengabutan ( homogenitas campuran )

  • Venturi variabel
image
Celah torak sebagai ruang venturi Gerak turun naik torak diatur secara automatis agar kecepatan udara pada celah torak konstan

Jumlah ruang pencampur pada karburator

  • Satu ruang pencampur ---> Untuk motor kecil / sederhana
                  image
  • Dua ruang pencampur ---> Untuk kebanyakan motor mobil
                    image
  • Empat ruang pencampur ---> Digunakan untuk motor bersilinder 6,8 ddan 12



image
Otomotif Sistem Dasar Karburator 2