Sistem Pompa Bensin Mekanis

Sistem Pompa Bensin Mekanis

Kegunaan :
· Memindahkan bensin dari tempat rendah ( tanki ) ketempat yang tinggi ( karburator )
· Mengatur tekanan bensin agar tetap konstan

a

Cara Kerja Pompa Bensin Mekanis

  • Langkah Isap
 clip_image002
· Poros eksentris melepas tuas pompa
· Membran tertekan oleh pegas, bukan oleh tuas pompa
· Katup tekan membuka, bensin tertekan ke karburator

Catatan : Kekuatan pegas tekan menentukan pemompaan.

  • Langkah pengatur hasil pemompaan
image
·
Hasil pemompaan harus diatur sesuai dengan pemakaian untuk mencegah banjir pada karburator
· Jika katup pelampung tetutup, membran akan diam pada posisi terendah karena tekanan pemompaan tidak mampu membuka katup pelampung ---> tidak terjadi pemompaan bensin
· Tuas pengerak bergerak bebas dalam celah batang penarik

Gangguan – gangguan pada pompa bensin

1) Kebocoran :
· Membran pecah / robek / rusak.
· Tutup pompa pakingnya rusak atau bengkok
2) Vakum ( pengisapan ) kurang :
· Katup tekan tidak rapat
· Ruang isap bocor ( misal = tutup pompa bengkok )
3) Tekanaan pemompaan kurang :
· Katup isap bocor
· Katup pengembali bocor ( bila ada katup pengembali )
4) Tekanaan pemompaan terlalu tinggi :
· Tebal paking flens pompa kurang / isolator tak terpasang
5) Hasil pemompaan kurang :
· Pompa tersumbat
· Keausaan / kerusakan pada penggerak pompa
· Katup – katup bocor

Sistem Pompa Bensin Mekanis