Photo Sensor - biasa disebut Sensor Cahaya

Sensor Cahaya atau Photo sensor atau ada juga yang menyebutnya Photo switch, semuanya sama yaitu suatu alat yang bekerja berdasarkan cahaya yang dipantulkan oleh alat itu sendiri dengan intensitas tertentu, sensor ini dapat mendeteksi benda dengan jarak yang bervariasi itu tergantung dari type dan jenisnya, ada berbagai jenis dan type alat ini, pada prakteknya, sensor ini ada yang menggunakan reflector dan ada juga yang tanpa
reflector, apa itu reflector ? Reflector adalah suatu alat terbuat dari plastic yang permukaan bagian dalamnya berbentuk prisma atau segi enam berfungsi untuk memantulkan cahaya yang dikirim oleh Photo sensor, kemudian ada juga photo sensor yang tanpa menggunakan reflector, tapi umumnya sensor jenis ini memiliki dua buah atau berpasangan artinya ada pengirim dan ada penerima.


Penggunaan:


 Bagi sebagian orang mungkin sudah banyak yang tahu apa itu Sensor cahaya atau Photo sensor namun ada juga yang belum mengetahuinya karena memang bukan bidangnya, tapi tidak ada salahnya bagi mereka yang bukan bidangnya atau ahlinya dapat mengetahuinya, minimal bentuk dan fungsinya untuk pengetahuan. Pertanyaannya adalah dimana anda dapat menemukan sensor jenis ini ? jawaban yang paling mudah dari pertanyaan diatas adalah, Di Mall, Ketika anda melewati pintu masuk sebuah mall, maka dengan sendirinya pintu akan terbuka tanpa disuruh ataupun diminta, begitupun sebaliknya ketika anda keluar, pintupun akan segera menutup secara otomatis, bagaimana ini bisa bekerja ? ketika anda berjalan masuk, melalui pintu masuk, secara tidak sadar tubuh anda terdeteksi oleh sensor, ini sebab berada dalam area deteksi.



Ada jenis sensor tanpa reflector, memiliki dua unit, yang pertama adalah Pengirimatau transmiter bertugas sebagai sumber cahaya untuk dikirimkannya ke bagian penerima, yang kedua adalah Penerima atau receiver bertugas sebagai penerima cahaya yang dikirimkan oleh transmiter, cahaya yang dikirimkan oleh pengirim harus center dengan penerima agar cahaya terkirim benar - benar masuk sehingga sensor dapat bekerja dengan baik.


Bagaimana Sensor Cahaya bekerja ?



. Ketika transmiter mengirimkan cahayanya ke bagian receiver dan diterima dengan baik tanpa ada satupun penghalang, maka sensor dalam keadaan stanby, tidak ada reaksi dan kontaknya pun tidak hubung, tetapi pada saat cahaya yang dikirimkan oleh transmiter terhalang oleh suatu benda padat seperti besi atau karet, sehingga receiver tidak dapat menerima cahaya karena tertutup benda tadi, maka ketika itu pula sensor akan bekerja dan menghubungkan kontak yang ada didalamnya yaitu dibagian receiver, nah.. receiver ini yang nantinya dihubungkan dengan perangkat kontrol lainnya atau untuk memberi perintah pada motor penggerak agar berputar.