Tips Cara bersihkan jamur membandel pada interior

Tips Cara bersihkan jamur membandel pada interior


  • Kata Rifat soal mobil mogok saat banjir
    Kata Rifat soal mobil mogok saat banjir

  • 7 hal yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran kendaraan

  • Awas, air radiator bisa jadi pemicu mobil terbakar!


 Pemakaian pendingin ruangan terus-menerus, ditambah hujan yang mengguyur berisiko menyebabkan interior ditumbuhi jamur. Tak hanya itu, interior yang jarang dibersihkan secara mendetail dapat menimbulkan jamur.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membersihkannya terlebih dahulu menggunakan lap chamois, terutama pada lekukan atau celah-celah di interior mobil. Jika masih belum hilang, gunakan pembersih khusus pada bagian-bagian tertentu seperti leather cleaner yang ditujukan untuk material berbahan kulit, vinyl atau plastic cleaner, dan fabric cleaner untuk material yang berbahan kain.



Fungsi dari pembersih khusus ini tak hanya membersihkan jamur, tetapi juga memberikan lapisan pelindung material interior Anda. Interior yang berada pada tingkat kelembapan tertentu dapat terlindung dari tumbuhnya jamur.

Langkah selanjutnya adalah memberikan sirkulasi udara dalam kendaraan. Pasang pendingin udara pada kecepatan tinggi sambil membuka saluran udara dari luar. Hal ini ditujukan untuk memberi kesempatan interior untuk bernapas sehingga jamur tak dapat tumbuh karena terlalu lembap.



Jemur kendaraan di tempat yang terkena sinar matahari dengan kondisi pintu atau jendela terbuka, namun jangan terlalu lama karena hal ini berisiko menyebabkan material interior rusak karena terkena terpaan panas matahari.

Sebelum disimpan ke dalam garasi, ada baiknya interior dibersihkan terlebih dahulu dengan lap mikrofiber kering untuk membersihkan debu yang berisiko menyebabkan tumbuhnya jamur. Letakkan penyerap air atau kapur barus untuk menjaga kelembapan interior agar tetap stabil.